Berita Kabupaten Ende

Usaha Pariwisata di Ende Masih Terbatas

Usaha pariwisata yang ada di Kabupaten Ende masih terbatas baik dari jumlah maupun mutu.

Usaha Pariwisata di Ende Masih Terbatas
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ende,Sabina Donasia 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE-- Usaha pariwisata yang ada di Kabupaten Ende masih terbatas baik dari jumlah maupun mutu.

Secara umum dapat dilihat pada data berikut. Jumlah hotel dan pondok wisata sebanyak : 41, Jumlah kamar : 572, jumlah tempat tidur : 699, Jumlah resto dan rumah makan : 71, jumlah meja : 527, jumlah kursi : 2.129, jumlah travel agent : 8, jumlah tempat hiburan dan rekreasi : 4 serta jumlah usaha jasa transportasi wisata : 1.

Baca: Divonis 8 Tahun Penjara! Bupati Non Aktif Ngada, Marianus Sae Belum Bersikap

Baca: Kabupaten Sabu Raijua Kuasai Sepak Takraw

Baca: Cabor Kempo! Kota Kupang Tidak Terbendung dalam Pengumpulan Emas

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Sabina Donasia, S. Sos mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Jumat (14/9/2018) di Ende.

Dikatakan dengan kondisi yang masih terbatas, pertumbuhan jumlah hotel dan restoran atau rumah makan terus saja bertambah setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan jumlah kunjungan wisatawan terkait fasilitas dan pelayanan di hotel dan restoran atau rumah makan.

Dikatakan UU. No 10 Tahun 2009 mengamanatkan bahwa ada 4 aspek Pembangunan Pariwisata yaitu : Destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata, kelembagaan pariwisata, dan industri pariwisata.

Industri pariwisata merupakan kumpulan usaha pariwisata yang saling terkait dalam rangka menghasilkan barang dan atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dalam penyelenggaraan pariwisata.

Industri pariwisata kumpulan usaha pariwisata yang dimaksud antara lain adalah usaha jasa transportasi wisata, usaha jasa perjalanan wisata, usaha jasa makanan dan minuman, usaha penyediaan akomodasi, usaha penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi.

Secara umum, tenaga kerja usaha perhotelan dan restoran di Kabupaten Ende belum mendapat pelatihan khusus terkait bidang tugas yang dilaksankan sehari – hari. Pengetahuan dan ketrampilan terkait bidang tugas diperoleh dalam kesehariannya bekerja atau melalui pengalaman bekerja.

Kondisi tenaga kerja sesuai dengan data yang ada menyatakan bahwa jumlah tenaga kerja di hotel adalah 141 orang dengan rincian berdasarkan jenis kelamin perempuan sebanyak 69 orang dan laki – laki sebanyak 72 orang. Sedangkan berdasarkan latar belakang pendidikan : Sarjana : 21 orang, SMU : 85 orang, SMK : 19 orang, SMP : 12 orang, SD : 4 orang.

Untuk jumlah tenaga kerja di restoran rumah makan sebanyak : 225 orang. Perempuan berjumlah 149 orang dan laki – laki berjumlah 76 orang.
Sedangkan berdasarkan latar belakang pendidikan dibagi atas sarjana sebanyak 13 orang dan SMU : 138 orang serta SMK : 5 orang dan SMP 44 orang dan SD 23 orang serta kursus : 2 orang

Untuk itu penyelenggaraan pelatihan yang diadakan oleh berbagai lembaga pendidikan merupakan kesempatan yang baik dan sangat strategis baik bagi para karyawan hotel dan restoran maupun bagi pemerintah, mengingat kegiatan uji kompetensi profesi ini baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Ende.
Sehingga sudah selayaknya, Pemerintah Kabupaten Ende menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi ditujukan kepada Kementerian Pariwisata RI dan lembaga sertifikasi pariwisata Labuan Bajo.

Sabina mengatakan bahwa dalam kurun waktu 2 tahun terakhir yaitu Tahun 2016 telah diselenggarakan sosialisasi sertifikasi dan standarisasi usaha pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dan Tahun 2017 diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Kementerian Pariwisata RI.

Sudah selayaknya, Pemerintah Kabupaten Ende menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi ditujukan kepada Kementerian Pariwisata RI dan lembaga sertifikasi pariwisata Labuan Bajo.

Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir yaitu Tahun 2016 telah diselenggarakan Sosialisasi sertifikasi dan standarisasi usaha periwisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dan Tahun 2017 diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Kementerian Pariwisata RI. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved