Berita Kabupaten Ende

Karyawan Hotel Di Ende Belum Mendapatkan Pelatihan Dalam Bidang Tugas

Pengetahuan dan ketrampilan terkait bidang tugas diperoleh dalam kesehariannya bekerja atau melalui pengalaman bekerja.

Karyawan Hotel Di Ende Belum Mendapatkan Pelatihan Dalam Bidang Tugas
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ende,Sabina Donasia 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE--Secara umum, tenaga kerja usaha perhotelan dan restoran di Kabupaten Ende belum mendapat pelatihan khusus terkait bidang tugas yang dilaksankan sehari – hari. Pengetahuan dan ketrampilan terkait bidang tugas diperoleh dalam kesehariannya bekerja atau melalui pengalaman bekerja.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Sabina Donasia, S. Sos mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Jumat (14/9/2018) di Ende.

Dikatakan kondisi tenaga kerja sesuai dengan data yang ada menyatakan bahwa jumlah tenaga kerja di hotel adalah 141 orang dengan rincian berdasarkan jenis kelamin perempuan sebanyak 69 orang dan laki – laki sebanyak 72 orang. Sedangkan berdasarkan latar belakang pendidikan : Sarjana : 21 orang, SMU : 85 orang, SMK : 19 orang, SMP : 12 orang, SD : 4 orang.

Untuk jumlah tenaga kerja di restoran rumah makan sebanyak : 225 orang. Perempuan berjumlah 149 orang dan laki – laki berjumlah 76 orang.

Sedangkan berdasarkan latar belakang pendidikan dibagi atas sarjana sebanyak 13 orang dan SMU : 138 orang serta SMK : 5 orang dan SMP 44 orang dan SD 23 orang serta kursus : 2 orang.

Untuk itu penyelenggaraan pelatihan yang diadakan oleh berbagai lembaga pendidikan merupakan kesempatan yang baik dan sangat strategis baik bagi para karyawan hotel dan restoran maupun bagi pemerintah, mengingat kegiatan uji kompetensi profesi baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Ende.

Sehingga sudah selayaknya, Pemerintah Kabupaten Ende menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi ditujukan kepada Kementerian Pariwisata RI dan lembaga sertifikasi pariwisata Labuan Bajo.

Sabina mengatakan bahwa dalam kurun waktu 2 tahun terakhir yaitu Tahun 2016 telah diselenggarakan sosialisasi sertifikasi dan standarisasi usaha pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dan Tahun 2017 diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Kementerian Pariwisata RI.

Sehingga sudah selayaknya, Pemerintah Kabupaten Ende menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi ditujukan kepada Kementerian Pariwisata RI dan lembaga sertifikasi pariwisata Labuan Bajo.

Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir yaitu Tahun 2016 telah diselenggarakan Sosialisasi sertifikasi dan standarisasi usaha periwisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dan Tahun 2017 diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Kementerian Pariwisata RI.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved