Berita Kabupaten Belu

Rumat Adat Suku Klauhalek Dibangun Kembali

Rumah adat suku Klauhalek di Desa Lookeu, Kabupaten Belu, Provinsi NTT dibangun kembali menggantikan bangunan rumah lama.

Rumat Adat Suku Klauhalek Dibangun Kembali
POS KUPANG.COM/TENNI JENAHAS
PIKUL TIANG--Warga bergotong royong membangun rumah adat suku Klauhalek di Desa Lookeu, Kabupaten Belu. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA---Rumah adat suku Klauhalek di Desa Lookeu, Kabupaten Belu, Provinsi NTT dibangun kembali menggantikan bangunan rumah lama. Pembangunan rumah adat ini diawali dengan ritual adat.

Kegiatan pembangunan rumah adat ini dihadiri juga anggota Pos Lookeu Satgas Pamtas Yonif 743/PSY. Anggota Pos Lookeu yang berjumlah empat orang dipimpin oleh Praka Hariyanto.

Baca: Kadistan Sikka Akui 36 Spesimen Positif Rabies

Baca: Bupati Sumbar, Asuransi Kampung Adat Tunggu Kajian Dahulu

Di tempat kegiatan, TNI bersama dengan masyarakat suku Klauhalek bahu-membahu mendirikan rumah adat baru tersebut. Mereka memikul kayu tiang untuk memulai mendirikan rumah adat tersebut, Rabu (12/9/2018).

Kegiatan diawali dengan acara adat suku Klauhalek berupa persembahan tarian likurai yang dilakukan oleh ibu-ibu suku Klauhalek.

Menurut Danpos Lookeu Letda Inf Adam Prawira, ada puluhan warga yang terlibat dalam pembangunan rumah adat tersebut.

Praka Hariyanto Naipon menuturkan, ia bersama rekan-rekannya di Pos Lookeu dengan senang hati turut membantu masyarakat Desa Lookeu termasuk kegiatan membangun rumah adat. Lewat kegiatan ini, anggota TNI juga lebih banyak tahu tentang adat istiadat yang masih dilestarikan masyarakat.

Kepala Dusun Klauhalek, Vincensius Lau menyampaikan terima kasih kepada anggota Pos Lookeu yang dengan ikhlas memberikan bantuan tenaga untuk membangun rumah adat miliknya. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved