Berita Pendidikan

Seminari Kisol Merayakan Hari Ulang Tahun ke-63, Ini Yang Dilakukan!

Lembaga pendidikan calon imam, Seminari Pius XII Kisol (Sanpio) merayakan hari ulang tahun ke-63.

Seminari Kisol Merayakan Hari Ulang Tahun ke-63, Ini Yang Dilakukan!
ISTIMEWA

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM| BORONG-Lembaga pendidikan calon imam, Seminari Pius XII Kisol (Sanpio) merayakan hari ulang tahun ke-63 pada Sabtu, (8/9/2018).

Acara puncak ditandai dengan perayaan ekaristi dan resepsi bersama di halaman tengah Sanpio. Perayaan yang berlangsung semarak dan khidmat tersebut diikuti siswa SMP/SMA, para guru Sanpio dan tamu undangan dari beberapa komunitas  seputaran wilayah Kisol dan Borong.

Baca: Ramalan Zodiak, Apa Yang Akan Kamu Alami Sepanjang Bulan September 2018?

Baca: Tetangga Ungkap Sikap Calon Istri BTP Bripda Puput Nastiti Devi

Perayaan Ekaristi dipimpin Romo Vikjen Keuskupan Ruteng, Rm. Alfons Segar, Pr didampingi sejumlah imam, diantaranya Praeses Seminari Pius XII Kisol, Rm. Dyonysius Osharjo Pr, Pastor Paroki St. Yosef Kisol, Rm Daniel Subadri Pr, dan para imam konselebran dari sejumlah paroki dan biara yang diundang secara khusus. Perayaan ekaristi dimeriahkan koor khusus dan tarian dari para siswa Sanpio.

Baca: Setiap Hari Minggu Anggota PKSE Undana Gelar Bimbel Bagi Anak-Anak Di Naikoten I

Praeses Romo Dyonysius Osharjo Pr dalam sambutan mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya pada lembaga Sanpio.

Sebab, Sanpio tetap setia membina dan mendidik anak-anak bangsa dan gereja untuk menjadi orang yang berguna.
Ia juga mengingatkan, tanggal 8 September adalah hari bermakna besar bagi keluarga besar Sanpio dan gereja.

"Sanpio merayakan ulang tahunnya, sedangkan Gereja merayakan kelahiran St. Perawan Maria. Harapan kita adalah tetap menjadi yang terbaik dalam semua hal seperti pilihan Maria dalam cerita tentang Marta dan Maria. Tidak cukup hanya memberikan atau berbuat yang baik, Sanpio harus membuat pilihan dan memutuskan menjadi yang terbaik," katanya.

Baca: Hari Ini Dojo SMPN 1 Maumere Bertolak ke Pangkalpinang

Baca: LIVE STREAMING : Sanggar Moramasa Asal Ngada Sambut Gubernur Laiskodat dan Wagub Soi di DPRD NTT

Vikjen Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar, Pr mengajak semua warga komunitas dan umat untuk bersukacita, berbahagia, dan bersyukur untuk usia yang ke-63 dari Sanpio.

Ia melihat kesamaan peran antara St. Perawan Maria dan Sanpio. St. Perawan Maria mengandung dan melahirkanYesus, sedangkan Sanpio mengandung dan mendidik banyak anak-anak menjadi tokoh-tokoh handal di dalam maupun di luar negeri.

"Saya juga mengajak para seminari semua untuk terus-menerus mengembangkan bakat, talenta, kemampuan yang telah diberikan Tuhan kepada Anda semua. Kembangkanlah semaksimal mungkin selama berada di sini. Inilah waktu terbaik untuk Anda," pesannya.

Setelah perayaan ekaristi, semua warga komunitas bersama tamu undangan yang hadir mengikuti rangkaian acara resepsi di halaman tengah Sanpio. Acara dengan tema home sweet home ini dikomandoi Aldo Tala dan Avin Nagang.

Baca: Jelang Kedatangan Tamu IMF! Bangunan Tempat Kuliner Kampung Ujung Belum Digunakan

Kedua pembawa acara mengajak seluruh warga komunitas teristimewa para seminaris untuk merefleksikan perjalanannya masing-masing sejak menginjakkan kaki pertama kali di lembah Sanpio hingga saat ini.

Acara ini dibuka dengan pemotongan kue ulang tahun oleh romo praeses. Kue yang sudah dipotong kemudian dibagikan kepada pihak-pihak yang mewakili keberadaan seminari saat ini, seperti wakil siswa, wakil guru, Ketua Komite Sanpio, Livens Turuk, wakil alumni, Pastor Paroki Kisol, dan ketua pantia pesta family 2018, Rm. Dione Labur, Pr.

Selama acara berlangsung seluruh warga komunitas dan tamu undangan yang hadir dimanjakan acara-acara kreatif para siswa, seperti lypsinc, Band Sanpio, paduan suara, atraksi THS/THM, dan lagu-lagu dari para guru. Acara kemudian ditutup tarian Jai, Rokatenda, Tobelo bersama seluruh warga komunitas. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help