Berita Pendidikan

Mahasiswa IKTL Bersihkan Sampah di Pertokoan Larantuka

"Kami mulai turun ke kompleks pertokoan pada pukul 07.30 wita. Semua mahasiswa baru diwajibkan untuk ikut pada kegiatan ini, " katanya.

Mahasiswa IKTL Bersihkan Sampah di Pertokoan Larantuka
Feliks Janggu

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Mahasiswa baru Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) menggelar orientasi pengenalan kampus (OSPEK) bagi para mahasiswa baru. OSPEK sudah dimulai Kamis (6/9/2018) dan Sabtu (8/9/2018). Para mahasiswa baru turun ke kompleks pertokoan Larantuka membersihkan sampah-sampah di lingkungan pertokoan.

Ketua Panitia Ospek, Stefanus Hele Raring, kepada Pos Kupang di sela-sela kegiatan, menjelaskan para mahasiswa dibagi dalam tiga kelompok.

"Kami mulai turun ke kompleks pertokoan pada pukul 07.30 wita. Semua mahasiswa baru diwajibkan untuk ikut pada kegiatan ini, " kata Stef Raring.

Baca: Sejumlah Calon Foto Model Diperkosa Oknum Fotografer Yang Buka Lowongan Di Medsos

Dia mengatakan, kegiatan pemungutan sampah yang dilakukan mahasiswa adalah bagian dari pembinaan mental dan karakter para mahasiswa baru, sekaligus untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Kemarin sudah ada pengenalan kampus. Tapi hari ini mereka pungut sampah, inilah kehidupan kampus," kata Stef Raring.
Secara eksternal, katanya, kegiatan pemungutan sampah di kompleks pertokoan mengandung pesan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidup.

Stef Raring, menambahkan mahasiswa baru kampus IKTL Larantuka Tahun 2018 berjumlah 142 orang mahasiswa. Jumlah tersebut, katanya, naik signifikan dari tahun 2017 yang hanya berjumlah 50-an orang mahasiswa.

Disaksikan Pos Kupang para mahasiswa baru baik laki-laki maupun perempuan memikul membawa karung untuk menyimpan sampah. Di tangan mereka memegang sapu ijuk dan sapu lidi.

Baca: Program Listrik Masuk Desa di Cibal Barat Baru Satu Desa Saja, Desa Lain Kapan Ya?

Mereka berjalan melintasi pertokoan sampai ke Pelabuhan Larantuka sambil memungut dan menyapu. Setelah kompleks pertokoan bersih, mereka melanjutkan sampai di Pelabuhan Larantuka dan kemudian kembali ke Kampus IKTL untuk acara penutupan Ospek.

Malu-Malu Pungut Sampah

Pemandangan unik terjadi di sepanjang jalan di sekitar pertokoan Larantuka saat para mahasiswa berjalan sambil memungut sampah. Sebagian mahasiswa dengan penuh semangat menyapu sampah dan memungutnya lalu menyimpan di karung yang digendong.

Baca: Kanisius Teobaldus Deki S.Fil, M.Th : Membangun Ekonomi Gotong Royong

Tapi sebagian lain selalu bersembunyi di balik punggung kawan-kawannya. Bahkan marah ketika diabadikan aktivitas mereka.
Masyarakat yang menyaksikan para mahasiswa memuji aksi bersih lingkungan hari itu dan meyakinkan para mahasiswa jangan pernah malu.

"Kamu kalau kuliah di Kupang juga pasti disuruh bersih sampah di pasar. Untuk apa malu, ini perbuatan mulia," ujar seorang warga.

Para panitia ospek tampak berwajah serius mengawal para mahasiswa dibantu petugas dari Dinas Perhubungan. Staf Dinas Perhubungan membantu memastikan alur transportasi berjalan lancar. Juga memastikan para mahasiswa aman dari gangguan kendaraan yang lalu lalang. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help