Berita Kabupaten Sumba Barat

Kades Agar Gunakan ADD Kembangkan Tanaman Hortikultura. Ini Penegasan DPRD Sumbar

Anggota DPRD Sumba Barat minta para kepala desa mengalokasikan anggaran dari dana desa untuk mengembangkan tanaman hortikultura

Kades Agar Gunakan ADD Kembangkan Tanaman Hortikultura. Ini Penegasan DPRD Sumbar
Pos Kupang/Petrus Piter
Ketua Komisi A DPRD Sumba Barat

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK --Anggota DPRD Sumba Barat, Lazarus J.L Wula meminta para kepala desa dapat mengalokasikan anggaran dari dana desa untuk mengembangkan tanaman hortikultura seperti sayur-sayuran, tomat, lombok dan beragam tanaman hortikulturan lainnya untuk memenuhi kebutuhan hotel di pesisir pantai Lamboya dan Wanokaka.

Pasalnya selama ini, kebutuhan hotel seperti hotel Nihi Watu terhadap sayur-sayuran dan lain-lain didatangkan dari luar Sumba. Padahal lahan tanah subur dan luas terbentang di wilayah Lamboya dan Wanokaka dibiarkan begitu saja.

Baca: Jumlah 250 Formasi CPNS! BKD Manggarai Barat Bentuk Panitia Perekrutan

Baca: Stok Solar di SPBU Sumba Barat Habis

Baca: Kejari Ende Siap Usut Dugaan Korupsi Pada Proyek Pemerintah

Anggota DPRD Kabupaten Sumba Barat, Lazarus J.L Wula menyampaikan hal itu di kantor DPRD Sumba Barat, Senin (10/9/2018). Menurutnya, selama ini, yang ditemukan kebanyakan desa memprogramkan kegiatan fisik. Misalnya membanguh rumah layak huni, jalan, polindes, pustu dan lain-lain. Apalah artinya rumah bagus dan sebagainya, sementara untuk urusan makan minum saja susah.

Karena itu sebaiknya para kepala desa memprioritaskan pembangunan ekonomi rakyat dengan mengembangkan usaha ekonomi produktif di desa masing-masing. Misalnya kelompok sayur, kelompok tomat, lombok dan lain-lain.

Diyakini, kalau ekonomi rakyat maju maka urusan rumah gampang dibangun. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved