Berita NTT

Calon TKI asal Belu Dicekal di Bandara El Tari Kupang

Empat orang calon Tenaga Kerja Indonesia dicekal oleh Satgaspam di Bandara El Tari Kupang, pada Senin

Calon TKI asal Belu Dicekal di Bandara El Tari Kupang
Ilustrasi: Para calon TKI asal kabupaten Malaka, NTT saat diamankan di Kepolisian Resor TTU beberapa waktu lalu 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Empat orang calon Tenaga Kerja Indonesia dicekal oleh Satgaspam di Bandara Eltari Kupang, pada Senin (10/9/2018).

Kepala Seksi Pengawasan Ketenagakerjaan, Disnakertrans Provinsi NTT, Darmanto Pa yang ditemui POS-KUPANG.COM, Senin (10/9/2018) menjelaskan 4 calon TKI tersebut dicekal karena tidak memiliki AKAD (antar kerja antar daerah) dari Disnakertrans Provinsi NTT.

Baca: Pidato Perdana Gubernur NTT - Viktor: Kami Fokus Lima Program

Baca: Kejari Ende Siap Usut Dugaan Korupsi Pada Proyek Pemerintah

"Mereka dicekal karena dokumen tidak lengkap dan salah satu dari mereka masih berusia 17 tahun," ungkapnya.

Darmanto menegaskan pihaknya telah bertemu dengan keempat calon TKI tersebut. Dari data yang mereka peroleh satu diantaranya masih berusia 17 tahun.

Ia menjelaskan keempat calon TKI tersebut rencananya, mereka akan berangkat menuju Medan, transit di Surabaya, dengan menggunakan pesawat Lion Air JT 069.

Darmanto menduga ada kelompok orang atau jaringan di wilayah Atambua yang mengendalikan keempat calon TKI ini untuk diberangkatkan ke Medan.

"Saya menduga ada kelompok atau jaringan yang mengendalikan mereka untuk berangkat ke Medan,  untuk sementara kita masih cari tau siapa aktor di balik semua itu," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Darmanto, pihaknya memberi arahan kepada empat calon untuk mengikuti prosedur yang tepat dan benar jika ingin menjaga TKI.

Keempat calon tersebut, kata Darmanto sudah dipulanglangkan ke kampung halamannya di Belu. Ia berharap masyarakat jangan mudah tergiur dengan tawaran yang bekerja sebagai TKI.

"Kalau mau jadi TKI, ikuti prosedur yang benar, supaya aman dan terlindungi. Jangan mudah tergiur dengan segala janji yang menggiurkan untuk bekerja sebagai TKI," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help