Berita Kabupaten Ngada

Kelompok Tani Rada Danga di Bajawa Panen Perdana Kacang Kedelai

Anggota Kelompok Tani Rada Danga di Desa Ngabeo Kecamatan Soa Kabupaten Ngada melaksanakan panen perdana tanaman Kedelai

Kelompok Tani Rada Danga di Bajawa Panen Perdana Kacang Kedelai
pos kupang.com, gordy donofan
Suasana panen perdana kedelai pada Kelompok Tani Rada Danga Di Desa Ngabeo Kecamatan Soa Kabupaten Ngada, Sabtu (8/9/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Anggota Kelompok Tani Rada Danga di Desa Ngabeo Kecamatan Soa Kabupaten Ngada melaksanakan panen perdana tanaman Kedelai, Sabtu (8/9/2018).

Baca: Ternyata Jungkook BTS Pandai Melukis! Lihat Lukisan Wajah Suga BTS oleh Golden Maknae

Baca: Terungkap, Ternyata ini Penyebab Pangeran Charles & Putri Diana Bercerai: Sakit Hati?

Kegiatan panen kedelai perdana ini difasilitasi Kelompok Tani Rada Danga dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian NTT, Robertus Ongo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kepada kelompok Tani Rada Danga yang melaksanakan Panen Perdana Kedelai di Desa Ngabeo.

"Tidak seperti biasanya Kecamatan sebagai salah satu Lumbung Padi di wilayah Kabupaten Ngada, budaya penanaman Kedelai di wilayah ini merupakan pertama kalinya karena sebelumnya masyarakat lebih memilih tanaman padi sebagai pertanian unggulan Kecamatan Soa," ungkap Robertus, sebagaimana yang dikutip dari siaran pers yang diterima POS KUPANG.COM, Minggu (9/9/2018).

Informasi yang dihimpun POS KUPANG.COM, awal penanaman kedelai di wilayah ini berhasil dilakukan atas kerjasama Dinas Pertanian NTT bersama Dinas Pertanian Kabupaten Ngada dan TNI Kodim 1625 Ngada, Flores.

Budidaya kedelai dilakukan sekaligus untuk membangkitkan gairah petani serta guna memperkenalkan penggunaan sistem tumpang sari atau penanaman secara bergantian pasca panen padi dan jagung.

Program berikutnya akan ditekankan kepada Kelompok Tani dengan menggunakan sistem Tumpangsari dengan sasaran Penanaman Kedelai di wilayah Marunggela (Riung-Ngada) dengan kesiapan luas lahan sekitar 500 Hektar.

Dandim Ngada, Letkol. Inf. I Made Putra Suartawan, mengpresiasi atas kerjasama yang baik dengan TNI, Dinas Pertanian dan kelompok tani Rada Danga di Desa Ngabeo.

Ia berharap agar kedepan dapat ditingkatkan sehingga bisa mewujudkan Swasembada Pangan bagi masyarakat.

“Kodim 1625 Ngada selama ini telah melakukan kerja sama dengan pihak Distan Kabupaten Ngada guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Program Pemerintah pada bidang Swapang. Kita harus menguatkan perekonomian masyarakat dengan adanya program pemerintah. Saya mengajak mari kita mendukung peningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat,” Letkol. Inf. I Made Putra Suartawan.

Ia juga memastikan Babinsa TNI yang ada bersama-sama masyarakat selama ini merupakan pendamping dan pelayan negara untuk memberikan motivasi, memacu semangat kerja masyarakat untuk lebih giat mendukung program Swapang.

Berdasarkan data dihimpun di lapangan, Kelompok Tani Rada Danga memiliki lahan tanaman Kedelai seluas 10 H, Panen Perdana yang dilakukan seluas 63 are.

Kelompok Tani Rada Danga merupakan kelompok Tani binaan Kodim 1625 Ngada dengan melibatkan warga dari 4 Desa yakni Ngabeo, Piga 1, Masu Kedhi dan Desa Masu.

Hadir dalam kegiatan panen perdana itu, Kabid Tananaman Pangan Prov. NTT, Robertus Ongo, Kadis Pertanian Kabupaten Ngada diwakili Sekretaris Dinas, Hubertus Jaelani, Sp, Kepala BPP Turewuda, Yohanes Don Bosco Doa, PasiTer Kodim 1625 Ngada Kapten Inf. Supryanto, Bidang Stasitik diwakili Elsa Gili, S.Pd, Kades Ngabeo, Siprianus Ngala dan Ketua kelompok Rada Danga. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved