Berita Kota Kupang

Tim Exercise Rajawali Ausindo 2018 RAAF - Australia Sangat Menikmati Kupang

Seremoni penutupan rangkaian Exercise Rajawali Ausindo 2018 di ruang VIP Lanud El Tari Kupang, pada Jumad (7/9/2018).

Tim Exercise Rajawali Ausindo 2018 RAAF - Australia Sangat Menikmati Kupang
POS KUPANG/RYAN NONG
Air Force Attache Australian Embasy, Group Captain Steve Cook 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

 POS-KUPANG.COM | KUPANG -– Selama lima hari melakukan latihan bersama dengan Squadron 32 Lanud Abd Rachman Saleh Malang di Kupang dalam latihan dengan callsign Exercise Rajawali Ausindo 2018, tim Australia yang berasal dari Squadron 37 Richmond Base Royal Australian Air Force (RAAF) mengaku sangat menikmati proses kerjasama antara kedua angkatan udara ini.

Hal ini diungkapkan Air Force Attache Australian Embasy, Group Captain Steve Cook kepada Pos Kupang usai seremoni penutupan rangkaian Exercise Rajawali Ausindo 2018 di ruang VIP Lanud El Tari Kupang, pada Jumad (7/9/2018).

Kolonel Penerbang yang bertugas sebagai atase angkatan Udara Australia di Indonesia itu mengapresiasi latihan bersama kedua negara bertetangga ini sebagai sebuah “latihan yang sangat luar biasa”. Ia menyampaikan bahwa semua orang (tim Australia) yang berpartisipasi dalam latihan ini merasa sangat senang.

“Latihan sangat lancar, semua orang (tim Australia) yang berpartisipasi dalam latihan sangat senang, selain melakukan latihan dan kesempatan untuk terbang bersama, namun ada kesempatan bagi orang Australia (anggota tim) untuk mengunjungi tempat-tempat di Kupang dalam kegiatan charity yang dilaksanakan bersama,” jelas Steve dalam bahasa Indonesia yang fasih.

Steve menilai, dalam latihan kali ini patut diapresiasi adanya interaksi dengan masyarakat selama proses latihan, baik itu saat latihan penerjunan DCS di Naibonat Kabupaten Kupang maupun penerjunan Easy Rescue Kit di Lepas Pantai Ketapang Satu Kelurahan Tode Kiser Kota Kupang. “Ada kesempatan untuk interaksi dengan masyatakat juga, itu sangat bagus,” tambahnya.  

Pada latihan ini, lanjut Steve, kesempatan bekerjasama dengan TNI AU telah meningkatkan hubungan yang makin baik antara RAAF dan TNI Angkatan Udara.

“Dari TNI AU, dalam kerjasama dan latihan bersama ini ada kesempatan berbicara tentang bagaimana untuk muat dan drop barang-barang saat perang, berbicara juga tentang bagaimana untuk teerbang pada malam hari, bagaimana terbang rendah, dan sebagainya,” pungkasnya.

Latihan bersama dengan callsign Exercise Rajawali Ausindo 2018 TNI AU - RAAF ini berlangsung selama lima lima hari sejak Senin hingga Jumad, 3-7 September 2018. Selain melakukan studi kelas bersama, dilaksanakan praktik terbang bersama untuk menerjunkan penerjun, menerjunkan DCS di darat dan Easy Rescue Kit di Laut, serta mengunjungi panti Asuhan ALMA dan Aisyah dalam acara charity serta menembak bersama di Lapangan tembak Lanud El Tari. (*)


Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved