Berita Kabupaten TTS

Kadis Dukcapil Sebut Kamera Di UPTD Kecamatan Ada Hilang

hingga saat ini seluruh alat perekaman di kecamatan masih berstatus aset pusat dan belum dihibahkan ke daerah.

Kadis Dukcapil Sebut Kamera Di UPTD Kecamatan Ada Hilang
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten TTS, Samuel Fallo 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|SOE -– Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten TTS, Samuel Fallo mengatakan, saat ini beberapa kamera di UPTD yang ada di Kecamatan telah Raip alias hilang. Dirinya mengaku, hingga saat ini seluruh alat perekaman di kecamatan masih berstatus aset pusat dan belum dihibahkan ke daerah.

" Saya sudah cek di beberapa UPTD yang ada di Kecamatan ternyata kameranya sudah tidak ada lagi. Padahal, kamera tersebut hanya difungsikan untuk memotret pemohon pembuatan e-KTP, namun diduga ada oknum nakal yang mengambil kamerea tersebut untuk kepentingan pribadi," ungkapnya kepada pos kupang, Sabtu ( 8/9/2018) pagi.

Ketika ditanyakan berapa kamera yang sudah hilang, Samuel enggan membeberkannya. Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih menelusuri keberadaan kamera milik negara tersebut. Pasalnya, walaupun sudah disimpan lama dan tidak terpakai di UPTD sejak tahun 2014 lalu, kamera-kamera tersebut dipastikan masih dalam keadaan baik.

"Belum semua UPTD kita lakukan pengecekan, sehingga saya tidak bisa sampaikan berapa banyak yang sudah hilang. Kita akan telusuri siapa yang mengambil kamera tersebut. Kita berharap kamera tersebut bisa segera dikembali untuk kepentingan pengaktifan kembali UPTD di tingkat kecamatan, "pintanya.

Dari 32 UPTD yang di 32 kecamatan, saat ini baru tiga UPTD yang berhasil fungsikan kembali. Ketiga UPTD tersebut terletak di kecamatan Mollo Utara, Kota Soe dan Amanuban Tengah. Sisa, 29 UPTD belum diaktifkan kembali.

Hal ini disebabkan kendala biaya operasional dan juga SDM yang belum cukup. Ia berharap, ke depan, pemerintah bisa mengalokasi anggaran guna mengaktifkan kembali 29 UPTD yang masih mati suri tersebut. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved