Berita Larantuka

Pemerintah Desa Birawan Flotim Ini Punya Perdes Konservasi Terumbu Karang

Satu-satunya desa di Flores Timur yang memiliki Perdes perlindungan terhadap terumbu karang di Flores Timur hanyalah Desa Birawan

Pemerintah Desa Birawan Flotim Ini Punya Perdes Konservasi Terumbu Karang
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Kades Birawan, Tarsisius Buto Muda 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Satu-satunya desa di Flores Timur yang memiliki peraturan desa (Perdes) perlindungan terhadap terumbu karang di Flores Timur hanyalah Desa Birawan Kecamatan Ilebura.

Desa di Pantai Selatan Flotim daratan ini telah melarang masyarakatnya untuk bekarang, pola penangkapan ikan karang pakai besi tajam.

Melarang menangkap ikan di pesisir pantai menggunakan racun akar kayu, dan melarang menangkap ikan di kawasan konservasi.

Baca: Dana Desa di Birawan Flotim Bangun Stadion Sepakbola

"Sebagai uji coba kita kapling dulu perairan sekitar 25 x 100 meter. Kita akan melihat perkembangan ke depan, " kata Kades Birawan Tarsisius Buto Muda Rabu (5/9/2018).

Tarsi mengatakan di dalam kawasan konservasi itu, sudah ditanam terumbu karang dan hasilnya sangat memuaskan. Terumbu karang tumbuh sangat subur.

Pemerintah desa juga sudah membentuk kelompok konservasi laut dengan jumlah enam orang pemuda setempat.

Untuk memperluas area tanam karang di laut, saat ini pemerintah desa sedang mengadakan fasilitas snorkeling, baju renang, kamera anti air, dan peralatan renang lainnya.

"Kita sementara berupaya untuk menambah meja tanam supaya karannya menyebar," kata Tarsi.

Tarsi mengatakan dua tahun yakni 2017 dan 2018 sebagai tahap uji coba. Melihat sejauh mana keberhasilan tanam karang di laut itu. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved