Berita Kabupaten Sumba Timur

Puluhan Lampu Jalan di Ruas Jalan Nasional Melolo-Baing Sumba Timur Hilang

Sekitar 20 lebih unit lampu jalan dari solar sel atau lampu menggunakan tenaga surya yang di pasang sepanjang jalan nasional

Puluhan Lampu Jalan di Ruas Jalan Nasional Melolo-Baing Sumba Timur Hilang
pos kupang.com, robert ropo
Satu unit lampuh jalan yang terlihat rusak karena sudah dicuri alatnya. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU-----Sekitar 20 lebih unit lampu jalan dari solar sel atau lampu menggunakan tenaga surya yang di pasang sepanjang jalan nasional Sumba Melolo-Mbaing di Kabupaten Sumba Timur dipasang oleh pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) X Kupang, Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II NTT pada tahun anggaran 2017 lalu kini sudah hilang.

Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) X Kupang, Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II NTT, PPK 4.4 Batas Sumba Timur - Waingapu, Ebenheaser Adam,ST.,MT menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (5/9/2018).

Baca: Ebenheaser Adam Minta Dukungan Warga Jaga Kebersihan Drainase Jalan Nasional Kota Waingapu

Adam mengatakan, dari 20 lebih unit lampuh yang di pasang sepanjang jalan Nasional Sumba dari Melolo-Baing pada tahun 2017 lalu kini tinggal 4 unit yang masih ada, sementara yang lainya telah hilang.

Sementara untuk di ruas jalan Nasional Waingapu-Melolo lampuh jalanya masih ada, hanya satu buah lampu jalan di Jembatan Yumbu Kelurahan Watumbaka yang hilang. Sedangkan untuk lampu jalan di ruas jalan nasional ke arah barat Sumba Timur dalam posisi aman.

Adam menduga hilangnya lampu jalan tersebut dicuri oleh oknum warga yang tak bertanggung jawab.

Kata Adam, bukan hanya itu rambu-rambu lalulintas yang di pasang sepanjang bahu jalan Nasional itu juga kini sudah hilang semua karena dicuri orang yang tidak bertanggungjawab.

"Ini lampu kita pasang membutuhkan biaya yang besar satu unit lampu mulai dari biaya pembelian sampai dengan ongkos pemasangan menelan biaya sekitar 25 juta sampai 30 juta. Curi bukan hanya bola lampuh saja, tapi aki dan lempengan tenaga surya dan semuanya di curi tinggal hanya tiang tok. Sadis betul orang yang curi ini,"kata Adam.

Adam juga mengatakan, terkait hilangnya lampu jalan tersebut, pihaknya sudah membuatkan surat laporan kepada pihak Kepolisian dari Polres Sumba Timur untuk bisa menangkap oknum pelaku yang tidak bertanggung jawab yang mencuri lampuh jalan itu.

Selain itu, pihaknya juga sudah membuat surat kepada Desa dan Kelurahan untuk meminta warganya menjaga lampu jalan itu.

"Kita sangat berharap terungkap pelakunya yang mencuri lampu jalan itu, biar ada efek jerahnya,"ungkap Adam. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help