Berita Kabupaten Malaka

Petani Laleten-Malaka Gotong Royong Bersihkan Saluran

Biasanya debit air irigasi berkurang. Terkadang air mengalir kurang lancar jika saluran tidak dibersihkan dengan baik.

Petani Laleten-Malaka Gotong Royong Bersihkan Saluran
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Petani sawah Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, bergotong royong membersihkan saluran tersier, Rabu (5/9/2018) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS- KUPANGM.COM| BETUN---Memasuki musim panas, biasanya debit air irigasi berkurang. Terkadang air mengalir kurang lancar jika saluran tidak dibersihkan dengan baik.

Untuk menjaga hal-hal tersebut, PPL Desa Laleten, Jeremy Nahak menggerakan petani untuk membersihkan saluran tersier.

Petugas PPL Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Jeremy Nahak kepada Pos Kupang.Com, Rabu (5/9/2018) mengatakan, petani sawah tidak hanya memperhatikan sawahnya tetapi juga memperhatikan kebersihan saluran agar air bisa mengalir dengan lancar. Apalagi pada masim panas, debit air irigasi cenderung berkurang.

Sebagai PPL, Jeremy menggerakan petani Desa Laleten agar bergotong royong membersihkan saluran irigasi sehingga air mengalir lancar dan tidak menimbulkan persoalan air untuk sawah.

Menurut Jeremy, petani sawah Desa Laleten sudah menaman padi pada musim tanam kedua. Rata-rata usia padi lebih dari satu bulan. Pertumbuhan padi sangat subur. Untuk menjaga kelangsungan hidup padi maka faktor air harus diperhatikan.

Beberapa petani mengaku senang karena PPL berinisiatif menggerakan petani agar membersihkan saluran tersier. Petani mendukungan budaya gotong royong untuk terus ditingkatkan. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved