Berita Pendidikan

KSMM Undana Dorong Siswa Gemar Belajar Matematika! Ini Yang Dilakukan

LCC Matematika tahun 2018 ini diselenggarakan oleh Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KSMM), Program Studi Matematika, FKIP Undana.

KSMM Undana  Dorong Siswa Gemar Belajar Matematika! Ini Yang Dilakukan
Laus Markus Goti

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sebanyak 32 Sekolah Dasar (SD) sedaratan Timor mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Matematika di Universitas Nusa Cendana (Undana), Senin (3/9/2018). LCC Matematika bertujuan mendorong siswa SD gemar belajar matematika.

LCC Matematika tahun 2018 ini diselenggarakan oleh Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KSMM), Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Undana.

Ketua panitia lomba, Artos Tobiona, kepada Pos Kupang di Aula Undana, Senin (3/9/2019), mengatakan rangkaian lomba dilakukan selama sepekan mulai Senin (3/9/2018) hingga Sabtu (8/9/2018).

Baca: Golkar NTT Bantu Dana Pendidikan Bagi Joni Kala

Artos mengatakan, 32 SD yang mengikuti lomba sudah melewati tahap seleksi oleh KSMM di masing-masing kabupaten.

"Kami mengirim bahan ke sekolah-sekolah untuk mengikuti seleksi. Hasilnya, sebanyak 32 sekolah yang lolos mengikuti seleksi," ungkapnya.

Menurut Artos, KSMM Program Studi Matematika bersyukur perlombaan tersebut bisa berlangsung dan banyak sekolah yang mau ambil bagian.
Tahun 2018, kata Artos, merupakan LCC Matematika yang ke-11 kalinya diselenggarakan oleh KSMM Program Studi Matematika.

Tujuan LCC Matematika, kata Artos, untuk mengapresiasi para siswa yang gemar dengan pelajaran matematika, sekaligus mendorong mereka untuk giat belajar matematika.

Baca: 20 Persen Orang Dengan HIV/ AIDS Warga Usia Pelajar SMP

Dikatakannya, sebelum perlombaan, para siswa diajak untuk bermain terlebih dahulu. Tujuannya agar para siswa tidak kaku dan bisa lebih dekat satu sama lain.

"Mereka datang dari berbagai sekolah dengan latar belakang yang berbeda, pastinya tidak saling kenal. Kami mengajak mereka bermain agar mereka lebih rileks dan ceria mengikuti setiap rangkaian kegiatan lomba, " ungkapnya.

Wakil Rektor Undana Bidang Kemahasiswaan, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, saat membuka kegiatan, mengatakan dunia selalu diwarnai kompetisi.
Ajang LCC tersebut, kata Siprianus, merupakan pembelajaran diri menyiapkan kompetisi untuk bekal di dunia praktis nanti.

Baca: Viktor -Josef Diharapkan Tekan Angka Kasus TKI Ilegal

"Mari berlomba untuk membiasakan diri, terima kasih kepada panitia yang telah meneruskan kegiatan ini selama 11 tahun berturut-turut, " katanya.
Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Dra. Juliana MH Nenohai, M.Pd, menyampaikan apresiasi kepada panitia yang sudah secara serius menyelenggarakan lomba.

Menurut Juliana, kegiatan perlombaan cerdas-cermat Matematika tersebut merupakan ajang bergengsi untuk menyiapkan para siswa agar belajar lebih giat lagi.
Albert Bezalel Cristianto Yappy, salah satu siswa Kelas VI, SDI Bertingkat Kelapa Lima 1 Kupang, merasa senang bisa mengikuti LCC Matematika.
Albert mengatakan, dia suka pelajaran matematika sehingga mau mengikuti LCC Matematika tersebut.

Baca: Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Dilantik Pagi Ini, Inilah Sosok Viktor Laiskodat

"Saya suka pelajaran matematika dan sudah mengikuti lomba sejak kelas 3 SD. Mendengar ada LCC Matematika pasti saya ikut, " katanya.
Albert mengaku, sebelumnya dia pernah beberapa kali mengikuti berbagai lomba cerdas cermat matematika. Meski tidak selalu mendapat Juara I, Albert menikmati setiap perlombaan.

"Saya senang saja bermain-main dengan angka, pokoknya seru rasanya. Selain lomba dengan teman-teman, saya sering bertanding siapa yang paling cepat dan tepat dalam berhitung, " ungkapnya. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved