Berita Kota Kupang

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang Akan Luncurkan Aplikasi Simpati

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang (DKP) akan meluncurkan aplikasi yang mempermudah pelayanan pada masyarakat nelayan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang Akan Luncurkan Aplikasi Simpati
POS KUPANG. COM /IRA --
ORSON NAWA 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria A E Tods

POS-KUPANG.COM|KUPANG- Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang (DKP) akan meluncurkan aplikasi yang mempermudah pelayanan pada masyarakat nelayan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Kota Kupang Orson Nawa saat ditemui di Balaikota Kupang Rabu (5/9/2018).

Menurut Orson Aplikasi tersebut diberi nama Simpati dimana aplikasi tersebut akan membantu mempermudah pelayanan baik dari segi produksi maupun segi perijinan. " Aplikasi yang akan kami luncurkan ini adalah Aplikasi yang tudak memerlukan dana prosesnya. Aplikasi ini namanya Simpati yang akan membantu kita untuk mudahkan layanan baik produksi maupun perijinan," ujarnya.

Baca: Ini Pembagian Grup Cabang Olahraga Sepak Bola Porprov 2018

Baca: Esepsinya Dikabulkan! Mantan Sekwan Kabupaten Alor Dikeluarkan dari Tahanan

Cara kerja aplikasi tersebut menurut Orson tidak membutuhkan waktu lama. Bagi nelayan yang mempunyai izin menangkap apabila izinnya telah berkahir atau mati maka aplikasi tersebut secara otomotatis akan memberitahukan pada pihak DKP bahwa pengguna tersebut telah mati izinnya.

" Kalau sudah mati izinnya aplikasi akan beritahu kami dan kami akan segera proses pembaharauannya segera dan tidak menunggu waktu lama hari itu datang hari itu langsung jadi," lanjut Orson.

Aplikasi tersbut dikembangkan sendiri oleh pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang dan pihak DKP sendiri menurut Orson mengembangkan Aplikasi ini dengan tujuan mempermudah pihak DKP sendiri untuk mengawasi bidang produksi maupun perijinan dan juga mempermudah masyarakat nelayan mendapatkan ijin secara cepat sehingga tidak mengganggu aktivitas melaut mereka.

Sebelumnya juga sudah ada sistem yang digunakan yaitu Sistem Pelayanan perijinan (Susi) dannjuga Sistem Informasi nelayan (Sinemo) yang saat ini sudah beroperasi. Orson berharap dengan adanya aplikasi baru nanti pelayanan terhadap masyarakat semakin meningkat dan masyarakat pun bisa marasakan manfaatnya baik saat mengurus perijinan, dan pembaharuan ijin. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help