Berita Kabupaten Sumba Barat

Dewan Minta Pemda Siapkan Anggaran Biaya Pendidikan Kedokteran Putra Putri Sumbar

Anggota DPRD Kabupaten Sumba Barat, Lukas Lebu Gallu, S.H meminta pemerintah setempat menyiapkan alokasi anggaran

Dewan Minta Pemda Siapkan Anggaran Biaya Pendidikan Kedokteran Putra Putri Sumbar
POS KUPANG/PETRUS PITER
Anggota DPRD SB, Lukas Lebu Gallu, S.H

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM|WAIKABUBAK--Anggota DPRD Kabupaten Sumba Barat, Lukas Lebu Gallu, S.H meminta pemerintah setempat menyiapkan alokasi anggaran untuk membiayai pendidikan putra-putri asli Sumba Barat masuk fakultas kedokteran
.
Karena itu, ia menyarankan pemerintah harus melakukan pemantuan terhadap siswa siswi berprestasi semenjak kelas II hingga naik kelas III SMA untuk memastikan siswa siswi tersebut layak dibiayai masuk fakultas kedokteran pada perguruan tinggi tertentu di indobesia.

Anggota DPRD yang juga sekretaris fraksi Nasdem DPRD Sumba Barat, Lukas Lebu Gallu, S.H menyampaikan hal itu di Waikabubak, Rabu (5/9/2018) pagi. Dikatakan, sebagai putra putri asli Sumba tentu memiliki komitmen selesai pendidikan kembali mengabdi Sumba Barat.

Kondiisi itu sedikit berbeda dengan pengalaman selama ini, ada tenaga dokter yang dibiayai pemerintah Sumba Barat melanjutkan pendidikan spesialis kedokteran dan setelah selesai memilih mengabdi daerah lain.

Tentu kejadian itu tidak banyak tetapi daerah telah merugi karena invetasi dibidang kesehatan itu tidak berkontribusi membangun kesehatan di Sumba Barat tetapi memilih mengabdi ke daerah lain.

Pengalaman itu hendaknya menjadi salah pertimbangan pemerintah untuk mulai memikirkan membiayai pendidikan putra putri berprestas Sumba Barat masuk fakultas kedokteran. Anggaran penbiayaan harus dimulai semenjak semester I masuk fakultas ke dokteran.

Terus terang saja, banyak anak-anak petani berprestasi tetapi tidak bisa masuk fakultas kedokteran karena biaya mahal. Secara ekonomi tidak mampu.

Karenan itu sudah saatnya pemerintah daerah mempertimbangkan mengalokasikan anggaran membiayai pendidikan anak-anak berprestasi Sumba Barat masuk fakultas kedokteran. Dengan demikian setelah selesai kembali membangun daerah ini. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved