Berita Ekonomi Bisnis

Sekarang Kacang Merah Inerie Bisa Ditanam di Dataran Rendah

Petani di dataran rendah sudah bisa tanam kacang merah yang selama ini hanya ditanam di dataran tinggi

Sekarang Kacang Merah Inerie Bisa Ditanam di Dataran Rendah
ISTIMEWA
Dosen politani Kupang kembangkan kacang merah varietas inerie di dataran rendah 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Politani Kupang telah memiliki bibit kacang merah varietas Ineria untuk dikembangkan di dataran rendah.

Petani yang membutuhkan bibit kacang merah varietas Inerie ini sudah bisa mendapatkan benihnya di Politani Kupang

Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politani Kupang) tahun 2018 mengembangkan penangkaran benih kacang merah Varietas Inerie di dataran rendah.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK)

Baca: Ayo Jadi Member TFC Bisa Makan Nasi Goreng Gratis di Waroenk

Kegiatan difasilitasi oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Dikti dan Politani Kupang.

Ketua Pelaksana Yosefina Lewar, SP,MP. Senin (3/9/2018) mengatakan, salah satu varietas nasional kacang merah yang berasal dari NTT adalah Varietas Inerie yang dibudidayakan di dataran tinggi.

Baca: Anjing Rabies Keliaran di Kota Maumere

"Kacang merah ini dibudidayakan di dataran tinggi, padahal NTT lebih didomininasi dataran rendah dengan kondisi agroklimat lahan kering," ujarnya.

Dengan keterbatasan lahan dataran tinggi, demikian Yosefina, pengembangan tanaman kacang merah di dataran rendah perlu dilakukan.

Menurutnya, peneliti di Politani telah menghasilkan teknologi sederhana dimana kacang merah Varietas Inerie dapat dikembangkan di dataran rendah.

"Tahun 2018 ini tim kami telah kembangkan di daerah Baumata dengan fokus kegiatan pada penangkaran benih. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa Politani Kupang, siswa SMK yang melakukan praktek kerja industri, dan alumni.," kata Yosefina.

Untuk memproduksi benih tersebut maka para peneliti bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi NTT, dan pengawas benih dari UPTD Pengawasan dan Sertifikasi Benih NTT

Yosefina mengatakan, bagi masyarakat di Kota dan Kabupaten Kupang apabila membutuhkan benih bersertifikat tersebut, serta produk tambahannya dapat menghubungi Politani Negeri Kupang. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help