Berita Kabupaten Sumba Barat

Plt Gubernur Ajak Semua Warga NTT Kembangkan Pangan Lokal

Pelaksana tugas Gubernur NTT, Drs.Robert Simbolon, MPA, meminta pemerintah dan seluruh rakyat NTT mengembangkan pangan lokal .

Plt Gubernur Ajak Semua Warga NTT Kembangkan Pangan Lokal
POS KUPANG/PETRUS PITER
Pelaksana tugas Gubernur NTT, Drs.Robert Simbolon, MPA didampingi Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole, Bupati Sumba Timur, Gidion Mbiliora, wakil bupati SBD, Drs.Ndara Tanggu Kaha dan para pejabat lainnya dari 19 kabupaten dan kota peserta HPS tahun 2018, memukul gong pertanda resmi dimulainya acara HPS dan pameran produk pangan lokal se-NTT di lapangan Gelora Pada Eweta, Sumba Barat, Senin (3/9^2018) malam 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM|WAIKABUBAK--Pelaksana tugas Gubernur NTT, Drs.Robert Simbolon, MPA, meminta pemerintah dan seluruh rakyat NTT mengembangkan pangan lokal .

Hal itu karena pangan lokal memiliki nilai gisi yang sangat tinggi yang tidak kalah dari beras. Pangan lokal merupakan warisan leluhur masing-masing kabupaten di NTT yang harus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan masyarakat NTT.

Karenanya momentum peringatan hari pangan sedunia tingkat Propinsi NTT ke-38 ini tidak hanya sekedar seremoni belaka tetapi harus diwujudnyatakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaksana tugas Gubernur NTT, Drs.Robert Simbolon, MPA menyampaikan hal itu dalam sambutannya ketika secara resmi membuka kegiatan peringatan hari pangan sedunia tingkat Propinsi NTT ke-38 di lapangan pacuan kuda Gelora Pada Eweta, Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Senin (3/9/2018) malam.

Menurutnya, peristiwa peringatan hari pangan sedunia sebagaimana terlaksana setiap tahun bukan hanya seremoni mengikuti keputusan dunia tetapi harus sungguh-sungguh nyata dan riil pengembangan pangan lokal di NTT.

Propinsi NTT memiliki kekayaan pangan lokal luar biasa tersebar di 23 kabupaten dan kota di NTT. Potensi pangan lokal seperti jagung, ubi, pisang, kacang-kacangan lain-lain harua dilembangkan sebagai bahan makanan pokok daerah NTT.

NTT memiliki keanekaragaman makanan alternatif yang bernutrisi tinggi bagi tumbuh kembangnya masyarakat. Sayangnya sampai saat ini, belum maksimal terkelolah dengan baik.

Untuk itu, peringatan hari pangan sedunia tingkat propinsi NTT kali ini hendaknya menjadi momentum menggugah kesadaran pemerintah dan masyarakat NTT untuk mulai mengembangkan pangan lokal NTT.

Bukan waktunya lagi, pemerintah daerah dan masyarakat berteori tetapi harus dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak hanya berbicara tetapi membutuhkan bukti nyata daerah NTT mengembangkan pangan lokal sebagai bahan konsumsi rakyat NTT.

Kebutuhan pangan sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia yang tidak dapat digantikan dengan lainnya.

Karena itu pelaksana tugas Gubernur NTT, Drs.Robert Simbolon, MPA mengajak seluruh komponen masyarakat NTT mulai mengembangkan pangan lokal, segera melakukan langkah konkrit mewujudkan pengembangan lokal dan mengembangkan pangan lokal sesuai daerah masing-masing.

Upaya kerja keras itu demi mendukung ketersediaan pangan bagi rakyat NTT khususnya dan indonesia umumnya. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help