Berita Internasional

Museum Nasional Berusia 200 Tahun di Rio de Janeiro Brasil Ludes Dilalap Api

Museum Nasional Brasil yang berusia 200 tahun dan merupakan institusi sains tertua di negeri itu terbakar pada Minggu (2/9/2018).

Museum Nasional Berusia 200 Tahun di Rio de Janeiro Brasil Ludes Dilalap Api
(AFP/STR)
Warga menyaksikan api yang melalap gedung museum nasional Brasil di Rio de Janeiro, Minggu (2/9/2018). Bangunan ini merupakan institusi sains tertua di negeri itu. 

POS-KUPANG.COM | RIO DE JANEIRO - Museum Nasional Brasil yang berusia 200 tahun dan merupakan institusi sains tertua di negeri itu terbakar pada Minggu (2/9/2018).

Sejauh ini belum diketahui adanya korban dalam tragedi tersebut, tetapi yang jelas di dalam bangunan itu terdapat lebih dari 20 juta benda bersejarah.

Museum ini, yang awalnya merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan Portugal, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-200 awal tahun ini.

Dalam tayangan televisi di Brasil terlihat api yang diduga muncul setelah museum itu tutup menyebar dengan cepat ke seluruh bagian gedung.

Presiden Brasil Michael Temer langsung memberikan komentar lewat akun Twitter-nya dengan menyebut tragedi itu sebagai hari paling menyedihkan bagi warga Brasil.

"Nilai sejarah kita tidak bisa dibandingkan dengan kehancuran bangunan itu," kata Temer.

 

Sementara itu, direktur museum kepada stasiun televisi Globo mengatakan, bencana tersebut adalah sebuah tragedi kebudayaan. Museum ini menyimpa ribuan benda yang terkait dengan sejarah Brasil dan negara lain termasuk artefak kuno Mesir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Museum Nasional Brasil yang Berusia 200 Tahun Dilalap Api", https://internasional.kompas.com/read/2018/09/03/10153551/museum-nasional-brasil-yang-berusia-200-tahun-dilalap-api. 

Penulis : Ervan Hardoko
Editor : Ervan Hardoko

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help