Berita Kabupaten Sikka

Ini Pemicu Pelindo Maumere Bangun Saluran Drainase ke Laut

Pemandangan tampak beda terlihat pada drainse depan Kantor PT Pelindo Cabang Maumere di Pelabuhan Lorens Say, Kota Maumere

Ini Pemicu Pelindo  Maumere Bangun Saluran  Drainase  ke  Laut
pos kupang.com eginius moa
Drainse yang telah dibersihkan di depan Kantor PT Pelindo Cabang Maumere di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (4/9/2018). 

Laporan  Wartawan Pos-kupang.com, Eginius  Mo’a 

POS-KUPANG.COM, MAUMERE---  Pemandangan  yang  tampak beda  terlihat pada   drainse di  depan Kantor  PT Pelabuhan  Indonesia (Pelindo)  Cabang Maumere di  Pelabuhan Lorens  Say, Kota  Maumere,  Pulau  Flores,  Propinsi  Nusa  Tenggara  Timur  (NTT).

Baca: Eko Pranoto Gantikan Efdal Jadi Kadivre Bulog NTT

Drainase yang sekian lama  tahun  tertutup  sedimen dan berbagai   jenis  sampah telah dikeruk dan dikeluarkan.  Parit  telah  tampak  bersih  dari depan  gerbang menuju  gedung baru  terminal penumpang sampai di  pintu   gerbang  menuju pelabuhan bongkar muat.

“Selama ini,  informasi yang salah di masyarakat  seolah  genangan  dan sampah di  parit karena  bangunan  Pelindo. Padahal  saluranya  mampet, air  tidak  bisa mengalir.  Ketika  musim  hujan,  sampah dan  banjir meluap  ke  jalan,”  kata  General  Manajer PT Pelindo  Cabang Maumere,  Yuvensius Andri Kartiko, kepada  POS-KUPANG.COM, Selasa  (4/9/2018)  di Maumere.

Tak hanya membersihkan sedimen  dan sampah dari drainase, aliran  banjir  akan dialihkan menuju   ke  laut. Saat ini  sedang  dibangun  drainase  baru  di sisi  jalan menuju  terminal  penumpang.

“Aliran  airnya akan kita alihkan  ke  laut. Mudah-mudahan  banjir  dan sampah di  depan  kantor bisa  teratasi,”  kata Andri.

Pantauan  POS-KUPANG.COM,  Selasa  petang,   para tukang   hampir  merampung  pengerjaan  drainase  menuju  laut di  sisi  jalan menuju  terminal.   Drainase  cuku  dalam  dan  lebar memotong  alur  banjir  dari  drainase di  depan  Kantor  PT Pelindo

Menurut Andri, soal  utama sampah  di Kota Maumere  pada perilaku  manusia. Membuang sampah  pada  tempatnya  dan menjaga  kebersihan  umum belum  menjadi kebiasaan. *)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help