Berita Kabupaten Kota

Habel Pertanyakan Jadwal Pelantikan Waket DPRD Kabupaten Kupang

Habel Mbate, mempertanyakan perihal pengajuan surat pergantian Wakil Ketua (Waket) DPRD Kabupaten Kupang.

Habel Pertanyakan Jadwal Pelantikan  Waket DPRD Kabupaten Kupang
pos kupang.com, edy hayong
Jery Manafe

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Anggota  DPRD Kabupaten Kupang dari Fraksi Golkar,  Habel Mbate, mempertanyakan perihal pengajuan surat pergantian Wakil Ketua (Waket) DPRD Kabupaten Kupang.

Pasalnya, sejak mantan Waket, Jerry Manafe maju menjadi calon wakil bupati Kupang dan kini sudah terpilih, pihaknya sudah mengajukan calon pengganti namun sejauh ini belum ada jadwal pelantikan.

  Untuk itu F-Golkar mendesak pimpinan dewan untuk segera menanggapi surat fraksinya agar kursi waket segera terisi kembali oleh kader Golkar atas nama Daniel Taimenas.

Habel Mbate mempertanyakan ini pada rapat paripurna istimewa dengan agenda pengumuman pengunduran diri Bupati Kupang, Ayub Titu Eki dan pengumuman Bupati-Wakil Bupati Kupang terpilih di Oelamasi, Senin (3/9/2018).

Habel mengatakan, fraksinya wajib menanyakan ini ke pimpinan dewan karena pengajuan surat tentang pengganti waket DPRD sudah diajukan ke pimpinan. Namun sejauh ini belum ada informasi lanjutan soal kapan jadwal pelantikan waket yang akan menggantikan Jerry Manafe.

"Kami sudah ajukan surat soal kapan pelantikan waket atas nama Bapak Daniel Taimenas. Untuk itu kami mohon dengan hormat agar pimpinan bisa menentukan jadwal soal kapan pelantikannya," jelas Habel.

Terhadap pertanyaan Habel ini, Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede mengatakan, suratnya baru diterima pekan lalu dan unsur pimpinan segera menjadwalkan rapat banmus untuk menentukan waktu pelantikan waket atas nama Daniel Taimenas.

Sebelumnya diberitakan, kursi Wakil Ketua (Waket) II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang yang lowong, akan segera diisi kembali oleh kader Partai Golongan Karya (Golkar). Kursi Waket sebelum ditempati Jerry Manafe tetapi mundur dari jabatan karena ikut bertarung pada Pilkada Kabupaten Kupang.

Untuk mengisi kekosongan jabatan itu, DPP Golkar telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Penetapan kader terbaik Partai Golkar, Daniel Taimenas untuk menggantikan Jerry Manafe yang kini menjadi Wakil Bupati Kupang terpilih  mendampingi Bupati terpilih, Korinus Masneno untuk memimpin daerah ini masa bakti 2018-2023.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Kupang, Jerry Manafe, kepada Pos Kupang, Kamis (30/8/2018) mengakui kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang yang ditinggalkannya akan ditempati Daniel Taimenas. Taimenas sudah mendapat restu dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar setelah bersama dua calon lain mengikuti fit and proper test di DPP beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, untuk mengisi jabatan kursi Waket DPRD setempat yang lowong, makanya pihaknya secara internal partai mengajukan tiga nama ke DPP Partai Golkar. Dari tiga nama itu mereka dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti fit and proper test dan hasilnya DPP menetapkan Daniel Taimenas.

"Jadi DPP Partai Golkar telah merestui anggota DPRD Kabupaten Kupang dari Fraksi Golkar, Daniel Taimenas menggantikan posisi saya  sebagai Wakil Ketua DPRD. Sekarang tinggal tunggu proses pelantikannya saja. Harapan saya memang lebih cepat pelantikannya supaya pada sidang Perubahan APBD 2018 unsur pimpinan lengkap," kata Jerry.(*)



Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help