Berita Kabupaten Ende

Cakupan Imunisasi Rubela Di Ende Mencapai 55,4 Persen

Cakupan imunisasi Measies Rubella (MR) di Kabupaten Ende telah mencapai 55,4 persen atau 44.438 dari target 80,248 anak

Cakupan Imunisasi Rubela Di Ende Mencapai 55,4 Persen
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Kasie Survailens dan Imunisasi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Maria Agustina P. Tondong, SKM

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE--Cakupan imunisasi Measies Rubella (MR) di Kabupaten Ende telah mencapai 55,4 persen atau 44.438 dari target 80,248 anak sedangkan sisanya sebanyak 35.810 anak atau 44,6 persen yang belum melakukan imunisasi MR.

Kasie Survailens dan Imunisasi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Maria Agustina P. Tondong, SKM mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Selasa (4/9/2018) ketika dikonfirmasi mengenai cakupan pelaksanaan imunisasi MR di Kabupaten Ende.

Maria mengatakan bahwa sebagai komitmen bersama untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Rubella serta dampak kecacatan bawaan akibat penyakit Rubella di tahun 2020 perlu dilakukan kampanye imunisasi MR pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun dengan target 95 persen.

Menurut Maria, pihaknya meminta dukungan dari semua pihak baik itu kepala sekolah dan orang tua maupun guru guna dilakukan kegiatan imunisasi MR di sekolah masing-masing yang ada di Kabupaten Ende.

Maria menjelaskan bahwa cakupan imunisasi yang paling tinggi di Puskesmas Detusooko, Kecamatan Detusoko dengan cakupan mencapai 80,8 persen atau sebanyak 1.642 anak dari 2.032 anak yang menjadi target atau sasaran imunisasi serta tersisa 390 anak atau 19,2 persen.

Sedangkan yang paling rendah di Puskesmas A Yani, Kecamatan Pulau Ende karena belum dilakukan imuniasi dengan target 2.210 anak.

Maria mengatakan bahwa pelaksanaan imunisasi MR atau Rubella saat ini mulai dilakukan pada anak-anak diluar sekolah atau yang belum bersekolah karena sebelumnya telah dilakukan kegiatan vaksin pada anak-anak yang bersekolah.

Oleh karena itu Maria meminta kepada ibu-ibu yang memilki anak bayi agar dapat membawa anak-anak mereka guna diberikan imunisasi guna mencegah penyakit rubella pada anak.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved