Berita Kabupaten Ende

1.073 Warga Ende Jadi Korban Gigitan HPR

Dalam kurun waktu antara Bulan Januari hingga Juli 2018 tercatat ada 1.073 warga masyarakat Kabupaten Ende menjadi korban gigitan hewan penular rabies

1.073 Warga Ende Jadi Korban Gigitan HPR
Ilustrasi Vaksin 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE--Dalam kurun waktu antara Bulan Januari hingga Juli 2018 tercatat ada 1.073 warga masyarakat Kabupaten Ende menjadi korban gigitan hewan penular rabies (HPR) yakni anjing, kucing dan tikus.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2PM), Agus Nyoman mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com,Senin (3/9/2018) ketika dikonfirmasi mengenai keberadaan penyakit rabies di Kabupaten Ende.

Nyoman menjelaskan bahwa dari jumlah yang ada terbagi yang menjadi korban gigitan anjing sebanyak 1.042 dan gigitan kera sebanyak 3 orang serta kucing sebanyak 11 kasus.

“Ada tiga jenis hewan penular rabies yakni anjing dan kucing serta kera dan yang paling banyak menjadi adalah berasal dari anjing,”kata Nyoman.

Nyoman mengatakan bahwa dari jumlah kasus gigitan yang ada hanya satu yang dinyatakan positif terkena penyakit rabies sedangkan yang lainnya masih dinyatakan negative.

Nyoman mengatakan meskipun saat ini korban yang meninggal karena rabies sudah jauh berkurang bahkan tidak ada lagi ditemukan di Kabupaten Ende namun demikian penanangan kepada korban gigitan hewan penular penyakit rabies baik itu anjing dan kucing serta anjing masih tetap sama seperti dulu.

“Artinya ketika ada warga yang terkena gigitan anjing atau kucing serta kera langsung diberikan vaksin guna mencegah penularan penyakit rabies kepada setiap korban gigitan,”kata Nyoman.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help