Berita Kabupaten Ende

Ini Kendala Yang Dialami Pemda Ende Terkait Dengan PAD

Masih banyak kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam upaya mencapai target realisasi penerimaan PAD.

Ini Kendala Yang Dialami Pemda Ende Terkait Dengan PAD
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Bapeda Kabupaten Ende Menggelar Rapat Evaluasi PAD, Senin (3/9/2018) 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE-- Masih banyak kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam upaya mencapai target realisasi penerimaan PAD. Masalah internal yang dihadapi antara lain terbatasnya dan masih rendahnya Kualitas Sumber Daya Aparatur pada OPD pengelola sumber penerimaan daerah.

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan hal itu pada saat pelaksanaan rapat evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ende yang diselenggarakan oleh Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ende, Senin (3/9/2018).

Selain itu sarana dan Prasarana kerja yang sangat terbatas disamping masalah eksternal yakni tingkat pemahaman serta tingkat kepatuhan wajib pajak masih belum optimal dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya PAD dari stakeholder serta masih lemahnya koordinasi dengan unit kerja terkait. Semuanya berimbas pada tidak optimalnya pendapatan Daerah yang bersumber dari PAD.

Namun dingatkan,kendala dan permasalahan yang ditemui agar secepatnya dicarikan solusi penyelesaian,bukan terus dibiarkan menjadi sebuah permasalahan atau persoalan yang tdak bisa teratasi.Dalam bingkai kerjasama dan kolaborasi pran yang harmonis dari setiap stakeholders seua persoalan yang ditemui harus bisa diselesaikan dengan baik.

Kedepan akan terus bersinergi untuk melihat dan menyeleksi sumber-sumber penerimaan yang dirasakan akan mempunyai peluang positif bagi peningkatan PAD dan kemudian dibuatkan Regulasi sebagai rujukan pelaksanaannya,ujar Wabup Djafar.

Dikatakan pekerjaan ini memang tidak mudah,tetapi apabila ada kemauan dan komitmen kuat dari semua OPD serta semua stakeholders di wilayah ini dengan menyadari peran dan kewajiban maka buka tidak mungkin suatu saat PAD akan meningkatkan secara signifikan,dan kondisi ini tentunya akan memudahkan dalam merencanakan program-program pembangunan bagi kepentingan masyarakat banyak dengan menggunakan sumber dana dari PAD.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help