Berita Kota Kupang

Ini Kata Danlanud El Tari Kupang Soal Exercise Rajawali Ausindo 2018

RAAF ini berlangsung selama lima lima hari sejak Senin hingga Jumad, 3-7 September 2018.

Ini Kata Danlanud El Tari Kupang  Soal Exercise Rajawali Ausindo 2018
POS KUPANG/RYAN NONG
Danlanud El tari Kupang, Kolonel Pnb Arief Hartono di Lanud El Tari, Senin (3/9/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | KUPANG –- Pangkalan Udara El Tari Kupang yang menjadi base latihan bersama antara TNI Angkatan Udara Republik Indonesia dengan Tentara Angkatan Udara Australia (RAAF) dalam Exercise Rajawali Ausindo 2018 memberikan dukungan penuh untuk menyukseskan latihan bersama itu.

Hal itu diungkapkan Komandan Lanud El Tari Kolonel Pnb Arief Hartono saat ditanya wartawan di Ruang VIP Lanud El Tari Kupang usai pembukaan kegiatan Exercise Rajawali Ausindo 2018, Senin (3/9/2018) pagi.

Arief menjelaskan adapun dalam latihan ini, Lanud El Tari mengambil peran sebagai pendukung latihan bersama antara TNI AU dengan RAAF sehingga semua aspek harus bisa disuport sehingga latihan selama lima hari inindapat berjalan sukses.

“Jadi peran pangkalan udara El Tari di sini sebagai pendukung latihan bersama antara Australia dan Indonesia, dimana seluruh aspek harus bisa kita support bagi mereka, baik itu untuk dukungan keamanan selama jalannya latihan maupun aspek keselamatannya. Karena disitu ada proses mulai dari mendrop hingga mengambil, jadi kita sesuaikan dengan standar internasional sehingga latihan ini  bisa berjalan lancer,” ungkapnya.

Latihan bersama dengan callsign Exercise Rajawali Ausindo 2018 TNI AU - RAAF ini berlangsung selama lima lima hari sejak Senin hingga Jumad, 3-7 September 2018.

Dalam latihan bersama untuk specialist pesawat angkut ini, akan dilaksanakan dua jenis penerjunan yakni penerjunan darat dan penerjunan di atas laut. Pada penerjunan darat dilaksanakan terjun payung atau penerjunan barang terjun berupa Container Delivery System (CDS) dan penerjunan laut berupa Easy Rescue Kit.

Exercise Rajawali Ausindo 2018 ini melibatkan dua squadron pengangkut yakni Squadron 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang dari TNI AU yang membawa 29 personel serta Squadron 37 RAAF Richmoon Base Australia yang membawa 15 personel.  

Untuk lokasi latihan, dilaksanakan di dua titik yakni di Naibonat untuk latihan droping di darat dan di Pantai Pasir Panjang untuk loksasi latihan droping di atas laut. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved