Berita Kota Kupang

Ini Kata Ahmad Atang Soal Pelantikan Gubernur

pelantikan adalah sebuah momentum untuk melegitimasi mandat yang dipercayakan masyarakat kepada Victory Joss.

Ini Kata Ahmad Atang Soal Pelantikan Gubernur
POS KUPANG/NIA
Dr. Ahmad Atang, MM

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS KUPANG COM|KUPANG -- Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor B Laiskodat-Josef Nae Soi hanya merupakan legitimasi formal terhadap sebuah kekuasaan yang dimandatkan rakyat kepada gubernur dan wagub terpilih. Mandat ini dipercayakan masyarakat NTT kepada Victory Joss.

Hal ini disampaikan Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang , Senin (3/9/2018).

Menurut Ahmad, pelantikan adalah sebuah momentum untuk melegitimasi mandat yang dipercayakan masyarakat kepada Victory Joss.

"Pertama kita beri apresiasi atas pelantikan Gubernur dan Wagub terpilih. Pelantikan hanya merupakan legitimasi formal terhadap sebuah kekuasaan yang dimandatkan kepada orang yang dipercayakan, yaitu Victory Joss," kata Ahmad.

Dia mengharapkan Gubernur dan Wagub NTT tidak melihat rakyat sebagai suporter politik yang hanya sebagai penggembira sebuah pertandingan. " Kondisi ini bisa terjadi, yakni ketika pertandingan itu usai,maka rakyat akan dilupakan," katanya.

Ahmad menjelaskan, dirinya sangat percaya, bahwa Victory Joss akan menempatkan rakyat sebagai pemilih (vote), sehingga ada pertanggungjawaban kekuasaan dari orang yang dipilih kepada mereka yang memilihnya.
Dikatakan, kekuasaan yang telah dipercayakan kepada Victory-Joss diharapkan lebih mengedepankan relasi sebagai negarawan yang menciptakan kebaikan bersama (common) dan mementingkan rakyat Sejahtera.

"Sebagai produk pusat tentu Victory Joss punya aksesibilitas yang luas baik di tataran ekonomi maupun politik diharapkan memberikan nilai fungsional bagi kamajuan NTT," katanya.

Ahmad juga mengatakan, dengan karakter politik bersih, masyarakat tentu berharap Victory Joss dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih agar anggaran lebih berpihak pada rakyat sehingga kemiskinan dapat terentaskan.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved