Berita Kota Kupang

Bawaslu NTT Ikut Awasi Hitung Ulang di TTS

Bawaslu Provinsi NTT ikut mengawasi proses perhitungan ulang atau pencocokan hasil perhitungan suara yang ada di C1 dan C1 Plano pada pilkada TTS.

Bawaslu NTT Ikut Awasi Hitung Ulang di TTS
Pos Kupang/Oby Lewanmeru
Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa, SH 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Bawaslu Provinsi NTT ikut mengawasi proses perhitungan ulang atau pencocokan hasil perhitungan suara yang ada di C1 dan C1 Plano pada pilkada TTS.

Perhitungan ulang dimulai hari ini, Senin (3/9/2018).

Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa,S.H kepada POS-KUPANG.COM, Senin (3/9/218) mengatakan, pihaknya turut mengawasi perhitungan ulang di KPU TTS. "Kita sebelumnya turunkan tim supervisi untuk mengawasi jalannya perhitungan suara ulang. Kami sudah rapat koordinasi dengan Bawaslu TTS untuk mengawasi proses ini," kata Thomas.

Dia menjelaskan, sebelum berlangsungnya hitung ulang, pihaknya bersama Bawaslu TTS melakukan sosialisasi tentang hitung ulang. "Selain sosialisasi, kami juga mengawasi persiapan kotak yang berisi format model C1 ‎yang akan menjadi rujukan dalam perhitungan ulang nanti," katanya.

‎Sebelumnya, KPU NTT memastikan proses perhitungan ulang di Kabupaten TTS kemungkinan akan dilakukan secara panel. Proses ini bertujuan mencocokan format C1 KWK berhologram dengan C1 KWK plano.

Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli mengatakan, dalam rapat khusus dengan KPU TTS dan KPU RI beberapa waktu lalu pasca putusan MK, maka KPU TTS kemungkinan melakukan pencocokan format C1 dan C1 plano sevara panel.

"Jadi bisa akan dipanel secara bersama beberapa kecamatan, misalnya delapann-delapan kecamatan. Kami mengharapkan peran seluruh elemen masyarakat di Kabupaten TTS untuk mendukung proses hitung ulang terutama dengan menjaga ketentraman dan keamanan sehingga proses hitung ulang berlangsung aman," kata Yosafat.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved