Berita Kabupaten TTS

Politani Negeri Kupang Beri Pendampingan Pengembangan Apel dan Sayuran Organik di Tubuhue

Politani Negeri Kupang melakukan program kemitraan masyarakat (PKM) dengan sasaran kelompok tani ikhlas di Desa Tubuhue

Politani Negeri Kupang Beri Pendampingan Pengembangan Apel dan Sayuran Organik di Tubuhue
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Para dosen Poligami Negeri Kupang sedang melakukan sosialisasi pengembangan budidaya apel di lahan perkebunan apel milik kelompok tani ikhlas, Desa Tubuhue. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Politeknik Pertanian ( Politani) Negeri Kupang melakukan program kemitraan masyarakat (PKM) dengan sasaran kelompok tani ikhlas di Desa Tubuhue, Kecamatan Amanuban Barat.

PKM dilakukan dengan memberikan bantuan dan pendampingan kepada para petani dalam mengembangkan tanaman apel dan sayuran organik.

Pada tahap awal, lewat PKM memberikan bantuan pembangunan jaringan irigasi dengan membangun bak penampungan air dan pemasangan jaringan perpipaan sehingga air bisa sampai ke lahan perkebunan masyarakat.

Baca: Polisi Gagalkan Penyelundupan Bawang Merah dari Malaysia di Dumai

Usai kebutuhan air untuk perkebunan telah terpenuhi, Ir. Eko H. A. Juwaningsih, M.Si, Ir. Ali Hasan, M.Si dan Nova Deviyanti Lussy, SP., M.Sc yang merupakan tim pelaksana PKM, melakukan pendampingan guna peningkatan kapasitas para petani.

Para petani diajarkan tentang cara membuat pupuk cair dan padat, pestisida nabati, teknik pemupukan, teknik pengembangan anakan tanam apel, teknik membuat buah apel lebih besar, teknik memperbanyak cabang pada tanaman apel dan budidaya sayuran organik.

Hal ini dilakukan agar potensi pertanian yang dimiliki kelompok tani ikhlas bisa dikelola dengan maksimal untuk meningkatkan produksi dan pendapatan dari sektor pertanian.

Dari hasil kajian yang dilakukan oleh Politani Negeri Kupang, Kelompok tani ikhlas memiliki potensi pertanian yang sangat bagus, namun belum mampu dikembangkan dengan baik karena minimnya bantuan prasana dan pendampingan dari Dinas Pertanian Kabupaten TTS.

Oleh sebab itu, lewat PKM, Politani Negeri Kupang melakukan pendampingan kelompok tani ikhlas dalam mengembangkan budidaya apel dan tanaman sayuran organik.

Kejayaan Kabupaten TTS yang dulunya terkenal dengan tanaman apel ingin dibangkitkan kembali.

"Tahun 80-an Kabupaten TTS sangat terkenal dengan apelnya. Hasil panen apel sangat melimpah sehingga dijual di sepanjang jalan masuk kota Soe. Tetapi memasuki tahun 90-an hingga saat ini, kejayaan itu hanya menjadi kenangan. Oleh sebab itu kita ingin membantu kelompok tani ikhlas dalam mengembangkan tanaman apel," ungkap Ir. Eko H. A. Juwaningsih yang ditemui POS- KUPANG.COM, Sabtu (1/8/2018) di sela-sela kegiatan sosialisasi budidaya apel di Desa Tubuhue.

Untuk meningkatkan produksi tanaman apel, lanjut Juwaningsih, petani diberikan penguatan mulai dari membuat pupuk organik, teknik memberikan pupuk, teknik meningkat produksi buah tanaman apel, teknik agar buah lebih besar dan juga teknik memperbanyak anakan tanaman apel. ke depan, para petani akan diajarkan untuk mengembangkan anakan apel tidak hanya dengan cara okulasi saja, tetapi juga dengan cara stek batang. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved