Berita Lifestyle

Ini Efek Buruk dari Posisi Tidur Menyamping

Tidur menyamping adalah posisi paling umum dilakukan banyak orang. Namun, ternyata posisi tersebut juga memiliki efek buruk.

Ini Efek Buruk dari Posisi Tidur Menyamping
KOMPAS.com
Ilustrasi tidur 

POS-KUPANG.COM - Tidur menyamping adalah posisi paling umum dilakukan banyak orang. Namun, ternyata posisi tersebut juga memiliki efek buruk.

Ketika tidur telentang membuatmu cenderung mudah mendengkur dan mengalami sleep apnea, sementara tidur tengkurap membuat kita berisiko sakit punggung, apa efek buruk tidur menyamping?

1. Menimbulkan kerutan
Secara umum, tidur menyamping baik bagi kesehatan. Namun, posisi ini berpotensi merusak kulit.

Baca: 10 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Kurang Tidur

Profesor Dermatologi di Saint Louis University menjelaskan kepada CNN, tidur dengan posisi menyamping bisa membuat kerutan kulit lebih mudah muncul. Kerutan adalah efek alami dari penuaan.

Namun, tidur nenyamping membuat wajah tertekan pada permukaan bantal dan menimbulkan efek gesekan.

2. Mengubah bentuk payudara
Tidur menyamping juga berpotensi mengubah bentuk payudara. Editor kesehatan Health magazine menulis, hal ini karena posisi tersebut memaksa payudara untuk tergantung ke bagian bawah. Posisi tersebut meregangkan ligamen dan menyebabkan efek kendur.

3. Kesemutan dan kram
Menurut situs Greatist, tidur menyamping baik untuk pencernaan dan bisa memberikan tekanan pada perut dan paru-paru.

Tidur menyamping juga dinilai menahan aliran darah ke lengan dan tangan serta menekan syaraf. Artinya, kamu mungkin akan merasa kesemutan ketika bangun di pagi hari serta mengalami kram di malam hari. Tekanan lainnya akan menyebabkan sakit siku pada pagi hari.

Namun, efek-efek buruk tidur menyamping bisa kamu minimalisasi. Misalnya, dengan menggunakan alas tidur lembut yang tidak akan bergesekan keras dengan kulit.

Christophee Winter, direktur medis Martha Jefferson Hospital Sleep Medicine Centre juga menyarankan mengganti bantal yang sesuai.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help