2018 Asian Games

Baru 18 Tahun, Atlet Jepang Ini Jadi yang Tersukses di Asian Games 2018

Keberhasilan kontingen Jepang bertengger di peringkat kedua klasemen perolehan medali Asian Games 2018 tidak lepas dari sosok Rikako Ikee.

Baru 18 Tahun, Atlet Jepang Ini Jadi yang Tersukses di Asian Games 2018
KOMPAS.com/ANTARA FOTO/INASGOC/Sigid Kurniawan
Perenang Jepang Rikako Ikee mengangkat maskot Asian Games usai upacara penyerahan medali nomor 50 meter Gaya Bebas Putri Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (24/8). Rikako Ikee berhasil meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor Asian Games dengan catatan waktu 24.53 detik. 

POS-KUPANG.COM - Keberhasilan kontingen Jepang bertengger di peringkat kedua klasemen perolehan medali Asian Games 2018 tidak lepas dari sosok Rikako Ikee.

Atlet yang baru berusia 18 tahun ini mewakili Jepang pada cabang olahraga renang.

Rikako berhasil meraih enam medali emas dan dua perak. Torehan ini menjadi yang terbanyak diraih oleh satu orang atlet di Asian Games 2018.

Baca: Polisi Malaysia Cari 2 WNI Lagi Terkait Kasus Pembunuhan Kim Jong Nam

Rikako pun tercatat sebagai atlet putri pertama, dan juga perenang pertama, yang mampu meraih enam medali emas sekaligus dalam satu edisi gelaran Asian Games.

Catatan itu menjadi lebih istimewa karena Asian Games 2018 menjadi debut bagi Rikako.

Hal ini bisa terjadi karena renang merupakan salah satu cabor yang menyediakan banyak medali untuk diperebutkan, selain atletik.

Apalagi dua cabor tersebut juga memungkinkan seorang atlet untuk mengikuti lebih dari satu nomor perlombaan.

Rikako sebenarnya punya spesialisasi di cabor renang yakni gaya bebas dan kupu-kupu. Keduanya di babat habis dengan empat medali emas.

Usia Rikako yang baru 18 tahun tentunya menjadi keuntungan Jepang di masa yang akan datang karena masih bisa berkembang.

Rikako dipastikan menjadi kekuatan utama Negeri Sakura, saat Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Jika terus tampil konsisten, Rikako Ikee pun akan terus menjadi perenang andalan Jepang pada 2-4 Asian Games berikutnya. (Doddy Wiratama)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help