Berita Kabupaten Ende

Masyarakat Ende Diminta Cermat Menggunakan Obat

agar bisa sembuh dari sakit yang dialami pasien namun demikian hendaknya dalam menggunakan obat haruslah sesuai dengan dosis

Masyarakat Ende Diminta Cermat Menggunakan Obat
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Anggota DPRD Ende, Maxi Deki Melakukan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) yang berlangsung di Aula Hotel Grand Wisata, Jalan Kelimutu, Kota Ende, Jumat (31/8/2018). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE--Anggota DPRD Kabupaten Ende, Maxi Deki meminta kepada masyarakat Kabupaten Ende agar cermat dalam menggunakan obat sehingga tidak menjadi korban dari penyalahgunaan obat-obatan.
Hal tersebut dikatakan Maxi Deki pada sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) yang berlangsung di Aula Hotel Grand Wisata, Jalan Kelimutu, Kota Ende, Jumat (31/8/2018).

Maxi mengatakan bahwa penggunaan obat oleh masyarakat itu adalah hak dari yang bersangkutan dengan harapan agar bisa sembuh dari sakit yang dialami pasien namun demikian hendaknya dalam menggunakan obat haruslah sesuai dengan dosis dan resep dari dokter.

Maxi mengatakan bahwa dokter dalam memberikan obat kepada setiap pasien tentu telah melalui pemeriksaan yang intesif kepada tubuh pasien sehingga dalam memberikan obat berdasarkan keluhan dari pasien.

Jadi dengan demikian diharapkan kepada setiap pasien agar dalam mengkosumi obat tidak asal melakukannya karena apabila hal itu dilakukan tentu berdampak negatif bagi yang bersangkutan.

Maxi juga meminta kepada masyarakat agar mewaspadai keberadaan para penjual obat keliling yang tidak jelas identitasnya karena hal itu terkadang hanyalah modus dalam melakukan tindakan kejehatan.

“Jangan sekali-kali mau diambil darah oleh penjual obat keliling karena kita tidak tahu apa memang yang bersangkutan murni menjual obat atau ada modus lainnya karena bisa saja yang bersangkutan menyuntikan obat bius yang tentu berbahaya bagi kesehatan warga,”kata Maxi.

Maxi mengatakan bahwa sesuai dengan berita yang ada di media massa bahwa kerap terjadi penyalahgunaan obat di daerah lain dan dia berharap agar hal itu tidak terjadi di Kabupaten Ende.

Oleh karena itu dia meminta kerjasama dari semua pihak baik itu pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan dan juga masyarakat agar benar-benar memperhatikan peredaran obat di kalangan masyarakat sehingga tidak terjadi penyalahgunaan obat yang membawa dampak negatif bagi masyarakat.

Maxi juga meminta kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan iklan produk obat yang belum tentu teruji kebenaran akan obat tersebut apalagi obat yang dijual di pasaran bebas.

“Yang paling aman adalah obat yang diberikan oleh dokter berdasarkan resep yang diberikannya itu,”kata Maxi.

Maxi mengatakan bahwa seseorang hendaknya mengetahui dan mengenali jenis obat apa yang akan dikosumsi dan diharapkan dapat memahami obat tersebut termasuk obat generik atau bukan ataupun termasuk golongan obat keras.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help