Berita Kabupaten Nagekeo

Ini Pesan Ketua STKIP Nusa Bunga Floresta Kepada Wisudawan

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nusa Bunga Floresta (NBF) Mbay Kabupaten Nagekeo melaksanakan wisuda lulusan sarjana

Ini Pesan Ketua STKIP Nusa Bunga Floresta Kepada Wisudawan
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Ketua STKIP Nusa Bunga, Prof. Dr. Drs. A. Mans Mandaru, M.Pd saat menyampaikan pidato saat acara wisuda Perdana lembaga tersebut di Aula Setda Nagekeo, Sabtu (1/9/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nusa Bunga Floresta (NBF) Mbay Kabupaten Nagekeo melaksanakan wisuda lulusan sarjana (S1) perdananya.

Jumlah lulusan yang diwisudakan yaitu 130 orang terdiri dari dua Program Studi. 23 orang dari Prodi Bahasa Inggris dan 107 orang dari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).

Dua Prodi itu sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada bulan April dan Mei 2018. Sehingga STKIP NBF Mbay bisa melaksanakan wisuda.

Ketua STKIP NBF Mbay, Prof. Dr. Drs. A. Mans Mandaru, M.Pd, dalam sambutannya berpesan agar jadilah sarjana yang berkualitas.

Ia berpesan kepada 130 sarjana tersebut agar jadilah diri sendiri dan menunjukan kualitas diri.

"Saudara-saudara, proficiat atas keberhasilan. Hari ini anda sudah membuktikan bahwa bukan saja anda bisa tetapi kita semua bisa. Mulai sekarang anda memasuki PT masyarakat: masyarakat yang tidak lagi murni tradisional tetapi masyarakat yang sekarang memasuki revolusi industri. Tuntutan dan tantangan hari-hari mendatang sangat bervariasi dan tidak bisa di prediksi, menjadi pemimpin masa depan memang tidak mudah dibutuhkan keteguhan hati dan keberanian mengambil resiko demi hari depan anak-anak nagekeo," papar Prof. Mans Mandaru, saat acara Wisuda di Aula Setda Nagekeo, Sabtu (1/9/2018).

Ia mengatakan satu-satunya pegangan yang tepat diandalkan hanyalah menjadi diri sendiri. Janganlah tergiur mengikuti banyak orang yang belajar yang cenderung mendewakan uang, kekuasaan, kecantikan ragawi atau status.

"Jadilah manusia yang tahu bahwa dia tahu, tau bahwa dia tidak tahu, dan jangan pernah terjerumus menjadi orang yang tidak tahu bahwa dia tidak tahu yang merupakan dalang dari semua kagaduhan di masyarakat.
Anda sekalian telah memiliki ilmu dan keterampilan sebagai guru. Tadi saya sudah memindahkan kucir anda dari kiri ke kanan. Ini menyiratkan bahwa selama masa kuliah otak kiri adalah yang lebih ditempa sehingga mampu berpikir logis, lurus dan kuantitatif. Namun, begitu anda dinobatkan menjadi sarjana, anda harus mulai juga menggunakan otak kanan anda. Artinya mulai juga menggunakan otak kanan anda, artinya mulai sekarang yang dituntut dari anda adalah perubahan pola pikir, hati yang mengabdi. Jadilah pendidik yang tahu diri, berbakti, bertindak solutif dan terlebih lagi santun, bertatakrama, dan bertoleransi terhadap perbedaan. Kalau semuanya anda lakukan maka akan tiba saatnya dimana masyarakat akan menyanjung anda bukan saja dengan ungkapan "ini sarjana baru" tetapi akan mengatakan "naah, ini baru sarjana," ujar Prof. Dr. Mans.

Pantauan POS KUPANG.COM, hadir saat itu anggota senat STKIP NBF, Puket 1 bidang akademik, Anastasia Lawi,S.Pd.M.Pd, Puket II bidang Umum dan keuangan, Kristiana L.Kadju,SE.MM, Puket III bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Rafael Kare,SH, Ketua, Program studi PG-PAUD: Engelbertus N.Bali,M.Pd, Program studi Bahasa Inggris, Waldetrudis Mbewa,MPd, Ketua LPM, Benisius Pao,Ss.M.Pd, Ketua LPMAI:Drs.Frans X.E Byre,Lic.

Hadir pula, Bupati Nagekeo, Drs. Elias Djo, Ketua PPK Nagekeo, Epidiana Nago, Pimpinan Yayasan Pendidikan Wini Unggul (Sandi Nung), Arlodus Ju Wea, pimpinan Forkompimda Nagekeo, Perwakilan LL Dikti Wilayah 15, Pimpinan DPRD dan anggota DPRD Nagekeo, orang tua wisudawan, tokoh adat, tokoh masyarakat Nagekeo, tokoh masyarakat, ratusan tamu undangan serta 130 wisudawan.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help