Berita Pendidikan

Fakultas Pertanian Undana Lepas 94 Wisudawan Periode September 2018

Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang melepas 94 calon wisudawan/ti periode September 2018.

Fakultas Pertanian Undana Lepas 94 Wisudawan Periode September 2018
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
Acara pelepasan wisudawan-wisudawati di aula Faperta Undana Kupang, Jumat (31/8/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang melepas 94 calon wisudawan/ti periode September 2018, Jumat (31/8/2018).

"Hari ini melepas 94 wisudawan/ti yang terbanyak sepanjang empat tahun terakhir wisuda Faperta Undana dan setiap tahunnya menunjukkan tren kenaikan wisuda," ungkap Dr. Damianus Adar, M.Ec, Dekan Faperta Undana Kupang, kepada POS-KUPANG.COM seusai acara pelepasan wisudawan-wisudawati di aula Faperta Undana Kupang.

Dikatakannya, untuk saat ini pihaknya sudah mewisudakan 215 mahasiswa sejak awal tahun dari wisuda periode bulan Februari, bulan Juni dan bulan September. Puluhan wisudawan tersebut dari tiga program studi (prodi) yakni prodi Agribisnis, Prodi Agroteknologi dan Prodi Kehutanan.

Ia menjelaskan, para wisudawan selama mengenyam pendidikan di Faperta Undana telah dibekali dengan ilmu pengetahuan komprehensif yakni ilmu pertanian dan manajerial, pendekatan dengan masyarakat dan wirausaha.

"Saya percaya mereka mampu berbuat sesuatu kepada masyarakat. Intinya mereka mampu membuka lapangan pekerjaan. Saya sarankan harus banyak kembali ke desa menggunakan teknologi revolusi industri 4.0," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, sejalan dengan program nasional dari pemerintah, para lulusan Faperta Undana diyakininya mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatkannya dan menggunakan teknologi revolusi industri 4.0.

"Saya berharap para sarjana bisa berbuat banyak di sisi produksi, juga di sisi panen dan pasca panen menciptakan nilai tambah. Di era revolusi industri 4,0 ini dengan mengedepankan industri pertanian untuk mendukung revolusi industri di bidang makanan dan minuman," jelasnya.

Selain itu, kata Damianus, para lulusan dapat bekerja pada sektor industri yang tengah masif berjalan karena sektor pertanian menjadi satu sektor vital dalan berjalannya industrialisasi saat ini.

Dijekaskannya, sektor pertanian pun berkontribusi dalam industri kimia yang tengah berlangsung di era industrialisasi ini. Pertanian menjadi sektor yang menyuplai bahan dasar produksi kimia termasuk pupuk kimia dan pupuk bio hayati. Pertanian pun menjadi sumber bahan produksi industri tekstil juga.

Ia juga mengharapkan, para sarjana lebih banyak bekerja di sektor swasta dan menjadi wirausaha muda serta mendampingi masyarakat dalam sektor pertanian.

Acara pelepasan wisudawan/ti Faperta Undana Kupang diikuti oleh jajaran pejabat fakultas, para dosen serta para pegawai Faperta Undana.

Puluhan sarjana yang mengenakan kebaya bermotif kain tenun bersama orangtuanya tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Acara pelepasan wisudawan-wisudawati di aula Faperta Undana Kupang, Jumat (31/8/2018).
Acara pelepasan wisudawan-wisudawati di aula Faperta Undana Kupang, Jumat (31/8/2018). (POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA)
Acara pelepasan wisudawan-wisudawati di aula Faperta Undana Kupang, Jumat (31/8/2018).
Acara pelepasan wisudawan-wisudawati di aula Faperta Undana Kupang, Jumat (31/8/2018). (POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA)

(*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved