Berita Kabupaten Malaka

Deken Malaka : Perarakan Besar Harus Nyata Dalam Cinta Kasih Umat

Perarakan ini dilihat dalam konteks meningkatkan iman sejati kepada Tuhan.

Deken Malaka : Perarakan Besar Harus Nyata Dalam Cinta Kasih Umat
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Ribuan umat Malaka mengikuti misa pembukaan prosesi Patung Bunda Maria tingkat Dekenat Malaka, di Aula Dekenat Malaka, Sabtu (1/9/2018). 

POS- KUPANG.COM|BETUN--Deken Malaka, Romo Edmundus Sako, Pr mengungkapkan Perarakan Besar Kabupaten Malaka harus semakin nyata dalam meningkatkan iman dan cinta kasih umat di Dekenat Malaka. Umat pun diajak untuk senantiasa meneladani sikap Bunda Maria yang senantiasa berpasrah pada kehendak Tuhan.

Romo Mundus Sako mengatakan hal itu pada pembukaan Perayaan Ekaristi Agung dimulainya Prosesi Patung Bunda Maria mengelilingi 17 Paroki di wilayah Dekenat Malaka, yang berlangsung di aula Dekenat Malaka, Sabtu (1/9/2018).

Lebih lanjut, mantan pastor Paroki Biuduk Foho ini mengemukakan perjalanan Patung Bunda Maria berkeliling ke seluruh paroki bukan tanpa makna. Perarakan ini dilihat dalam konteks meningkatkan iman sejati kepada Tuhan.

"Perarakan ini mesti dilihat dalam konteks meningkatkan iman sejati kepada Tuhan yang kita imani. Dan terlebih dengan kehadiran Bunda Maria, umat di paroki-paroki lebih menghayati nilai-nilai kristiani seperti kebaikan dan cinta kasih yang sudah ditunjukkan Bunda Maria dalam Kitab Suci," ungkapnya.

Pastor yang dikenal bertangan dingin ini juga mengutarakan tujuan akhir dari seluruh perayaan iman ini adalah keselamatan umat manusia yang semuanya dipelajari dari rahmat dan karunia Tuhan kepada seluruh bangsa manusia di dunia ini.

Sebelumnya, Ketua Pantia Perarakan Besar, Petrus Bria Seran mengatakan setelah berkeliling di 17 Paroki di Dekenat Malaka, Patung Bunda Maria akan kembali ke Pusat Dekenat dan selanjutnya diikuti dengan kegiatan rohani dan olahraga.

Petrus juga mengaku bahwa Perarakan Besar ini telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Malaka dibawah kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran sebagai salah satu Wisata Religi Malaka.

Pantuan Pos Kupang.Com, misa pembukaan perarakan besar patung Bunda Maria ini dipimpin romo deken dan dihadiri 17 pastor. Ribuan umat ikut Malaka ikut dalam perayaan ini. Umat yang ikut perayaan misa ini mengenakan busana adat. Sedangkan pelajar tetap menggunakan seragam sekolah.
(*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved