Berita Kota Kupang

Bawaslu Ingatkan KPU Soal Pemilih pada Pemilu 2019

Bawaslu NTT mengingatkan kepada KPU NTT dan jajaran agar lebih serius memperhatikan pemilih terutama partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2019

Bawaslu Ingatkan KPU Soal Pemilih pada Pemilu 2019
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Jemris Fointuna (tengah) berbincang dengan Ketua KPU NTT, Maryanti ‎Luturmas Adoe dan Ketua Divisi Data, Theresia Siti pada acara Rapat Pleno Rekapitulasi DPT di Hotel Ima, Jumat (31/8/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Bawaslu NTT mengingatkan kepada KPU NTT dan jajaran agar lebih serius memperhatikan pemilih terutama partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2019 mendatang. Apalagi, pemilu mendatang pemilih wajib menunjukkan e-KTP.

Hal ini disampaikan Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (1/9/2018).

Menurut Jemris, dalam rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu legislatif (pileg) pada Jumat (31/8/2018), dirinya telah menyampaikan kepada KPU NTT agar belajar dari beberapa pengalaman pemilu sebelumnya soal pemilih.

"Kita belajar dari pilkada serentak dan pilgub 27 Juni 2018 lalu, banyak sekali masalah soal DPT, kemudian tentang pemilih sendiri. Karena itu, kami minta sejak awal ini teman-teman KPU bisa perhatikan," kata Jemris.

Dia menjelaskan, dalam pilgub itu, banyak sekali temuan dan persoalan di masyarakar, terutama soal pemilih-pemilih atau wajib pilih yang tidak diakomodir dalam DPT. "Kasus lain, soal pemilih yang tidak gunakan hak pilih juga cukup banyak. Kita harapkan kondisi ini sudah diantisipasi oleh KPU, " katanya.

Dia mengatakan, setelah penetapan DPT, KPU harus terus mensosialisasikan kepada masyarakat soal pemilu tahun 2019. "Satu lagi soal e-KTP, jika pemilu tahun depan itu pemilih wajib menunjukkan e-KTP, ‎maka sejak dini perlu diperhatikan agar semua pemilih yang terdata itu harus punya e-KTP," ujarnya.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help