Berita Sumba Timur

Ada Gua Peninggalan Jepang di Bukit Persaudaran Mauliru, Sumba Timur

Bukit Persaudaraan Mauliru, Kelurahan Mauliru Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur, Sumba, NTT memang kini menjadi salah satu tempat pariwisata

Ada Gua Peninggalan Jepang di Bukit Persaudaran Mauliru, Sumba Timur
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Pintu masuk gua peninggalan Jepang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Bukit Persaudaraan Mauliru, Kelurahan Mauliru Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur, Sumba, NTT memang kini menjadi salah satu tempat pariwisata favorit di Sumba Timur dengan memiliki pandangan indah berupa hamparan sawah di Mauliru dan Pada Savana yang terbentang di pundak dan lereng bukit yang terukir begitu indah.

Bukan, hanya itu di bukit Mauliru juga terdapat sebuah gua peninggalan Jepang atau sebuah benteng Jepang.

Gua itu ukuran sangat kecil, tidak selebar seperti gua alam yang lain. Gua ini dengan tinggi sekitar 1 meter, dengan lebar juga sekitar 1 meter. Semuanya bahan dinding, atap dan lantai dari gua itu benar-benar asli dari batu karang.

Baca: TPS Untuk Pileg 2019 di NTT Bertambah

Di dalam gua itu ada berbentuk lorong dan dalam bentuk tangga untuk menurun hingga ke dasar. Di ujung gua bagian timur, ada terlihat sebuah jendela kecil, sehingga sinar matahari langsung menembus masuk dalam gua itu. Namun untuk di lokasi area tengah ruangan pada gua itu gelap.

Jika anda ingin masuk ke dalam gua itu harus menggunakan senter untuk menerangi anda karena kondisi gelap meskipun siang hari. Anda juga perlu hati-hati berada dalam gua itu. Dan sedikit mohon maaf anda sedikit terganggu dengan sampah yang di buang dalam gua itu.

Letak gua itu pas berada di puncak bukit Persaudaraan Mauliru itu. Letak gua itu sedikit ke sebelah timur, sehingga jika anda tiba dari Kota Waingapu, anda pasti duluan bertemu gua itu. Letak gua itu berada persis di bawa sebuah pohon beringin kecil. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved