Berita NTT

Penjabat Gubernur NTT Letak Batu Pertama Pembangunan Rumah Joni Kala

Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon meletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan dari Kapolri untuk Yohanes Ande Kala alias Joni

Penjabat Gubernur NTT Letak Batu Pertama Pembangunan Rumah Joni Kala
pos kupang.com, teni jenahas
LETAK BATU---Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon saat meletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan dari Kapolri untuk Yohanes Ande Kala alias Joni di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Jumat (31/8/2018) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA---Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon meletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan dari Kapolri untuk Yohanes Ande Kala alias Joni di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Jumat (31/8/2018).

Joni Kala adalah siswa kelas VII SMPN Silawan yang sempat viral dengan aksi heroiknya yakni memanjat tiang bendera untuk menggambil tali bendera yang tersangkut di ujung tiang saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke 73 RI, tanggal 17 Agustus 2018.

Baca: Sebelum Meninggal, Ayub Sering Mengeluh Sakit

Aksi heroik sang bocah ini mendapat perhatian besar dari pemerintah mulai dari pemerintah daerah sampai pemerintah pusat. Sebagai bentuk penghargaan, Joni Kala mendapat bantuan rumah dari Kapolri yang acara peletakan batu pertama dilakukan Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon.

Sebelum peletakan batu pertama, Robert Simbolon mengatakan, Joni adalah pahlawan kecil merah putih. Aksi heroik Joni Kala dapat dimaknai sebagai ungkapan jiwa nasionalisme dari anak di perbatasan yang bertekad agar bendera merah putih harus dikibarkan. Untuk itu, Desa Silawan diberi gelar sebagai Desa Merah Putih.

"NKRI tetap jaya, merah putih tetap berkibar. Semua ini karena Joni, pahlawan kecil merah putih," ujar Simbolon.

Simbolon mengatakan, Desa Silawan, merupakan salah satu desa di Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Negara Republik Demokratic Timor Leste (RDTL). Sebagai beranda terdepan NKRI, Simbolon mengajak semua pihak untuk menjaga dan merawat NKRI sehingga merah putih tetap berkibar di daerah perbatasan ini.

Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan dari Kapolri untuk Joni Kala ini dihari Istri Penjabat Gubernur NTT, Bupati Belu, Wabup TTU, Danlantamal Kupang, Danlanud Kupang, Kasrem 161/Kupang, Asdep Tasbara BNPP, Kepala BNPP Provinsi NTT, Dandim 1605/Belu, Wakapolres Belu, para Perwira TNI-Polri Kabupaten Belu dan TTU, Pimpinan OPD Belu, Camat Tasifeto Timur, Kades Silawan, Pejabat PLN serta undangan lainnya.

Untuk diketahui, rumah Joni Kala akan dibangun selama 45 hari terhitung sejak Joni kembali ke Silawan tanggal 22 Agustus 2018 lalu. Rumah Joni Kala dibangun dengan Tipe 45 dan ukuran 9x5 meter. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help