Berita NTT

Hitung Ulang Pilkada TTS- Maryanti : Hitung Ulang Mulai 1 -7 September

sudah rapat khusus dengan KPU RI dan KPU Kabupaten TTS menyangkut putusan Mahkamah Konstitusi atas pilkada TTS. Sesuai keputusan yang ditetapkan

Hitung Ulang Pilkada TTS- Maryanti : Hitung Ulang Mulai 1 -7 September
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG --- "Kita sudah lakukan rapat khusus dengan KPU RI dan KPU Kabupaten TTS menyangkut putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) atas pilkada TTS. Sesuai keputusan yang ditetapkan KPU TTS, bahwa proses hitung ulang itu akan dimulai 1-7 September 2018,".

Hal ini disampaikan Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe ketika ditemui POS-KUPANG.COM, di sela-sela Rapat Pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Baca: Pembayaran Jatah Uang Pampilkada Diduga Tidak Sesuai Proposal

Rapat pleno  berlangsung di Aula Hotel Ima, Jalan Timor Raya, Kota Kupang, Jumat (31/8/2018).

Menurut Maryanti, dari jadwal yang disusun dalam Keputusan KPU Kabupaten TTS, maka proses hitung ulang ini akan dimulai pada tanggal 1 - 7 September 2018.

"Untuk persiapan, kita sudah melakukan kordinasi antara KPU RI, KPU NTT dan KPU Kabupaten TTS. Sedangkan, rapat khusus sudah dilakukan di Jakarta oleh KPU RI, KPU NTT dan KPU TTS. Sedangkan rapat kordinasi antara KPU TTS dengan stakeholder itu dilakukan di Soe pada Jumat (31/8/2018)," kata Maryanti.

Terkait persiapan proses hitung ulang, Maryanti yang didamping Jubir KPU, Yosafat Koli dan Ketua Divisi Data, Theresia Siti menjelaskan, saat ini KPU TTS sudah mulau bergerak,terutama rapat dan sosialisasi kepada stakeholder di TTS. "Hari ini juga kita upayakan turun melakukan supervisi langsung ke TTS menyangkut persiapan perhitungan ulang di 921 TPS," katanya.

Sedangkan menyangkut hasil perhitungan ulang, ia mengatakan, ‎setelah perhitungan ulang, maka hasilnya akan dilaporkan ke KPU secara berjenjang.

"Hasilnya itu akan dilaporkan ke KPU secara berjenjang, kemudian selanjutnya dilaporkan ke MK.

Kita juga telah melakukan koordinasi secara intens dengan pihak keemanan ‎untuk mengawal proses perhitungan ulang," katanya.

Dikatakan, mekanisme perhitungan ulang itu kemungkinan dilakukan secara panel, mengingat waktu yang terbatas.

"Kita berharap semua proses bisa berjalan lancar dan juga berharap tidak ada perubahan hasil seperti yang sudah ditetapkan oleh KPU TTS," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, ‎perolehan suara pilkada TTS itu sudah ditetapkan, hanya saja ketika ada gugatan di MK dan ada pembuktian yang disampaikan pemohon soal selisih suara antara yang di KPU TTS dan di Tim Paslon Naitboho- Kase, karena MK memutuskan untuk mencocokan hasil C1 KWK dengan C1 KWK Plano.‎ "Ini akan disandingkan lagi,kalau hasilnya cocok, maka hasil yang KPU sampaikan itu yang benar," ujarnya.(*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved