Berita Kabupaten Kupang

Dua Event Nasional Digelar, Pemkab Kupang Siap Sukseskan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang sudah siap mensukseskan penyelenggaraan dua event nasional yakni event sepeda Nusantara dan Gala Desa.

Dua Event Nasional Digelar, Pemkab Kupang Siap Sukseskan
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kupang, Seprianus Lau, S.Sos, M.Si

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM I OELAMASI---Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang sudah siap mensukseskan penyelenggaraan dua event nasional yakni event sepeda Nusantara dan Gala Desa.

Event yang akan dilaksanakan tanggal 15 September mendatang itu, telah dipersiapkan secara matang menghormati penghargaan dari kementerian Pemuda dan Olahraga karena Kabupaten Kupang dipercaya menggelar event nasional ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kupang, Seprianus Lau kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (30/8/2018) mengatakan, event Sepeda Nusantara mengambil  titik start di depan Mapolres Kupang dan finish di lokasi Kantor Bupati Kupang di Oelamasi. Pada event ini direncanakan akan dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Kegiatan sepeda Nusantara ini terbuka untuk masyarakat umum, tanpa biaya pendaftaran. Pada event inipun akan ada kegiatan   door prize yang hadiahnya disiapkan pihak Kementerian Pemuda dan olahraga. Semua peserta sepeda nusantara wajib  mendaftarkan dirinya dab diberikan baju kos sepeda Nusantara dan nomor doorprize," tambahnya. 

Menurut Lau, event sepeda nusantara ini bukan dilakukan untuk mencari juara namun kegiatan ini merupakan motivasi kepada masyarakat untuk dapat melakukan budaya hidup sehat. Masyarakat tidak saja menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 tapi perlu memasyarakatkan budaya  dapat bersepeda.

Kegiatan sepeda nusantara ini juga diawali dengan senam dan tarian daerah khas NTT dipandu langsung  Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (Formi) dan ada beberapa permainan lokal yang ikut meramaikan kegiatan sepeda Nusantara.

Terkait dengan dengan event Gala Desa, Lau menjelaskan, ini  merupakan program unggulan Kemenpora dengan tujuan menjaring calon atlet yang handal dan unggul dalam berbagai cabang olahraga dengan melihat potensi di daerah-daerah. Untuk itu masyarakat dan para kepala desa diharapkan berperan aktif dalam kegiatan ini. Untuk provinsi NTT, ada 4 Kabupaten yang mendapatkan kesempatan dalam penyelenggaraan kegiatan Gala Desa ini.

Dijelaskannya bahwa, Gala Desa yang diselenggarakan pada tahun ini acara pembukaan dipusatkan di Kecamatan Amarasi dengan cabang olahraga yang dipertandingkan seperti bola kaki, bola voli, sepak takraw juga atletik untuk jarak 50 meter dan 60 meter.

Setelah pembukaan acara, dilanjutkan dengan pertandingan  4 cabang olahraga. Untuk pertandingan, bola kaki digelar di Kecamatan Amarasi, bola Voli di Kecamatan Sulamu, Sepak Takraw di Kecamatan Kupang Tengah dan Atletik di Kecamatan Amarasi Barat. Semua hadiah disiapkan oleh Kemenpora sedangkan  pihaknya hanya membantu mempersiapkan lokasi.

"Bola kaki dan Voli terbuka untuk masyarakat umum dan siswa SMA. Sedangkan atletik dan sepak takraw diperlombahkan bagi siswa SD dan SMP. Sampai saat ini persiapan panitia sendiri sudah selesai tinggal menunggu hari pertandingan. Pembukaan akan dilakukan pada 15 September 2018. Semua camat se Kabupaten Kupang telah diinformasikan untuk mempersiapkan diri," katanya.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help