Berita Internasional

Krisis Memburuk, Argentina Minta IMF Gelontorkan Dana Rp 732 Triliun

Pemerintah Argentina meminta Dana Moneter Internasional (IMF) menggelontorkan pinjaman senilai 50 miliar dollar AS atau Rp 732,8 triliun lebih

Krisis Memburuk, Argentina Minta IMF Gelontorkan Dana Rp 732 Triliun
KOMPAS.com/AFP/Diana Sanchez
Presiden Argentina, Mauricio Macri 

POS-KUPANG.COM | BUENOS AIRES - Pemerintah Argentina meminta Dana Moneter Internasional (IMF) menggelontorkan pinjaman senilai 50 miliar dollar AS atau Rp 732,8 triliun lebih cepat untuk mengatasi krisis ekonomi.

Presiden Argentina, Mauricio Macri mengatakan, keputusan tersebut diambil untuk mengembalikan kepercayaan terhadap perekonomian Argentina.

Diwartakan BBC, Kamis (30/8/2018), nilai tukar peso Argentina anjlok 40 persen terhadap dollar AS pada tahun ini dan inflasi merajalela.

Baca: Mencoba Hindari Polisi, Petani Ganja Malah Tewas Tergilas Buldoser

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengonfirmasi, pihaknya akan memperkuat pengaturan dan tahapan pencairan dana.

"Saya menekankan dukungan saya untuk upaya kebijakan Argentina dan kesiapan kami untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan rencana kebijakan," katanya.

Di sisi lain, investor khawatir kemungkinan Argentita tidak dapat membayar utang pemerintah yang berat dan bisa berpotensi gagal bayar.

"Selama pekan lalu kami menghadapi menurunnya kepercayaan pasar, terutama kapasitas keuangan kami pada 2019," ucap Macri.

"Kami telah sepakat dengan IMF untuk mempercepat semua dana yang diperlukan untuk menjamin program keuangan tahun depan," katanya.

Sementara itu, keputusan Macri meminta bantuan IMF telah dikritik oleh banyak pihak di negaranya.

IMF dibenci secara luas di Argentina. Lembaga tersebut dipersalahkan atas kehancuran ekonomi pada 2001 di negara tersebut. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help