Berita NTT

Korbinmas Barhakam Mabes Polri Sambangi Polsek Kelapa Lima. Ini yang Dilakukan

Tim Korbinmas Barhakam Mabes Polri dipimpin Kasubdit Babinkamtibmas Kombes Pol M. Mazli kunjungan dan inspeksi di Mapolsek Kelapa Lima

Korbinmas Barhakam Mabes Polri Sambangi Polsek Kelapa Lima. Ini yang Dilakukan
pos kupang.com, ryan nong
Tim Korbinmas Barhakam Mabes Polri yang dipimpin Kasubdit Babinkamtibmas Kombes Pol M. Mazli berdialog dengan anggota Babinkamtibmas saat kunjungan dan inspeksi di Mapolsek Kelapa Lima Polres Kupang Kota pada Rabu (29/8/2018) sore. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Tim Korbinmas Barhakam Mabes Polri yang dipimpin Kasubdit Babinkamtibmas Kombes Pol M. Mazli melakukan kunjungan dan inspeksi di Mapolsek Kelapa Lima Polres Kupang Kota Rabu (29/8/2018) sore.

Tim yang beranggotakan Kasi Binpuan AKPB Pdt Rondang Suryani Siaaan dan Paur Babinkamtibmas AKP Ryan itu didampingi oleh Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol Yayat Jatnika Atkawijaya dan diterima oleh Kapolsek Kelapa Lima Polres Kupang Kota AKP Didik Kurnianto SH beserta anggota Babinkamtibmas Polsek Kelapa Lima.

Baca: Daftar Pemilih Tetap Ditempel di Tiga Titik Setiap Desa di Manggarai Barat

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Capacity Building Korbinmas Mabes Polri di Polda NTT yang akan berlangsung selama dua hari.

Kepada wartawan di Mapolsek Kelapa Lima usai kunjungan itu, Kombes Pol M. Mazli mengungkapkan penilaiannya bahwa para anggota Babinkamtibmas sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai standar. Namun, tetap perlu ada perbaikan dan peningkatan pada hal-hal yang masih kurang.

“Saya lihat mereka (Babinkamtibmas) sudah melaksanakan kegiatan dengan baik, cuma perlu perbaikan supaya bisa seragam. Adanya penambahan dan perbaikan itu mengharuskan dari atas turun langsung (untuk memantau),” katanya.

Dijelaskannya, tujuan tim Korbinmas barhakam Mabes Polri turun ke NTT adalah dalam rangka kegiatan capacity building bagi jajaran dan anggota Babinkamtibmas sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas kepolisian yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sehingga dengan kegiatan capacity building ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anggoa binmas dalam tugas pelayanannya.

“Tentang capacity building adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota terutama anggota Babinkamtibmas, karena oangota Babinkamtibmas itu melaksanakan tugas paling depan, merkea sebagai ujung tombak playanan kepolisian di masyarakat, jadi  Babinkamtibmas perlu ditingkatkan kemampuannya,” jelas Mazli.

Mazli menjelaskan, Polda NTT merupakan polda keenam yang dikunjungi dari tujuh polda yang masuk dalam program pembangunan kapasitas di tahun 2018. Sebelumnya tim dari Mabes Polri turun untuk melakukan kunjungan, para trainer telah terlebih dahulu diundang ke Jakarta untuk mendapatkan pelatihan secara tersendiri.  

Lanjut Mazli, ada enam poin materi penting yang harus menjadi pegangan anggota Babinkamtibmas di lapangan. Poin tersebut menjadi materei inti dalam program capacity building yang diadakan.

Pertama, “door to door system” yaitu bagaimana cara Babinkamtibmas mengunjungi masyarakat. Berikutnya, materi kedua mengenai “problem solving” menyangkut bagaimana Babinkamtibmas bisa menyelesaikan masalah-masalah kecil sehingga masalah itu cukup diselaesaikan ditingkatkanya.

Ketiga, kendali tugas dalam pelaporan, dari pekerjaannya, Babinkamtibmas akan membuat laporan dari tingkat Polsek, Polres, Polda dan ke Mabes Polri dengan berjenjang sesuai rentang kendali. Keempat komunikasi efektif, yaitu bagaimana Babinkamtibmas mengerti tentang komunikasi sosial, bagaimana kemampuan berbaicara di depan masyaakatat.

Kelima, Babinkamtibmas juga ditingkatkan tentang komunikasi adjustmen, bagaimana mengikutsertakan partisipasi masyarakat untuk menjaga keamanan, serta keenam sebagai pendeteksi awal, dimana babinkamtibmas bertugas untuk mengetahui dan mengontrol masyarakat dengan pola kunjungan rumah.

Selain kunjungan dengan diskusi, tim juga menyempatkan untuk memeriksa kelengkapan Babinkamtibmas seperti sepeda motor dan kelengkapan lainnya. Saat dialog bersama, anggota tim mengetes pengetahuan Babinkamtibmas terkait wilayah dan aparat serta masyarakat di tempat tugas masing-masing.

Kunjungan itu berlangsung sekira 90 menit dan setelahnya dilakukan sesi foto bersama tim Korbinmas Barhakam Mabes Polri dengan Dribinmas Polda NTT serta Kapolsek kelapa Lima dan anggota Babinkamtibmas di depan Mapolsek. (*

Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved