Berita Kabupaten Ende

Kejari Ende Dipraperadilkan Tersangka Kasus PNPM Mandiri

Kejaksaan Negeri Ende dipraperadilkan tersangka kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kota Baru atas nama,Yohanes Osmini. Saat ini kasus sedang disidangkan

Kejari Ende Dipraperadilkan Tersangka Kasus PNPM Mandiri
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Kejari Ende, Sudarso SH 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM,ENDE---Kejaksaan Negeri Ende dipraperadilkan oleh tersangka kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kota Baru atas nama,Yohanes Osmini. Saat ini kasus tersebut sedang disidangkan di Pengadilan Negeri Ende.

Kepala Kejaksaan Negeri Ende, Sudarso SH mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Rabu (29/8/2018) ketika dikonfirmasi mengenai perkembangan kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kota Baru yang sedang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Ende.

Baca: Kasus Pilkada TTS! Kuasa Hukum Naitboho-Kase Sebut ada Tiga Permohonan Gugatan

Kejari Sudarso mengatakan, dalam kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kota Baru, Kejaksaan Negeri Ende telah menetapkan 4 orang tersangka dan dari 4 tersangka itu salah satunya melakukan gugatan praperadilan terhadap Kejaksaan Negeri Ende.

Kejari Sudarso mengatakan alasan dari tersangka kasus PNPM Mandiri,Kecamatan Kota Baru melakukan gugatan praperadilan kepada Kejaksaan Negeri Ende dikarenakan yang bersangkutan tidak menerima penetapan atas dirinya yang jadi tersangka dalam kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kota Baru.

Menurut Kejari Sudarso, pihak Kejaksaan Negeri Ende memiliki alas an hukum yang cukup kuat sehingga berani menetapkan yang bersangkutan jadi tersangka jadi apabila yang bersangkutan merasa tak puas atas keputusan  Kejaksaan Negeri Ende itu hak yang bersangkutan.

Kejari Sudarso mengatakan pihaknya menghargai upaya hukum yang dilakukan oleh tersangka kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kota Baru yang melakukan praperadilan kepada Kejaksaan Negeri Ende.

Nnamun demikian gugatan praperadilan itu tidak akan menggugurkan upaya dari Kejaksaan Negeri Ende dalam upaya penegakan hukum.

Kejari Sudarso mengatakan pihaknya tidak mau berandai-andai terkait keputusan gugatan praperadilan oleh tersangka kasus PNPM Mandiri di Kecamatan Kota Baru namun demikian apabila dalam keputusan dari Pengadilan Negeri Ende memenangkan gugatan dari tersangka maka Kejaksaan Negeri Ende akan mengeluarkan sprindik baru untuk kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kota Baru.

“Iya kita tunggu hasil keputusan dari Pengadilan Negeri Ende karena kasusnya sedang dalam proses persidangan namun demikian kalau keputusan pengadilan memenangkan gugatan tersangka maka Kejaksaan Negeri Ende akan mengeluarkan sprindik baru,”kata Kejari Sudarso.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Ende,Tony Aji SH mengatakan bahwa kasus PNPM Mandiri sebenarnya sedang dalam proses pemberkasan Kejaksaan Negeri Ende.

Namun demikian sempat terhenti sejenak karena adanya gugatan praperadilan oleh seorang tersangka atas nama, Yohanis Osmini.

Tony mengatakan,Kejaksaan Negeri Ende sudah siap menghadapi gugatan dari tersangka kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kota Baru.

“Inti dari gugatan dari tersangka karena yang bersangkutan tidak menerima penetapan tersangka oleh Kejaksaan Negeri Ende,” kata Tony.

Tony mengatakan, penetapan tersangka atas diri yang bersangkutan telah memenuhi unsur juga alat bukti yang cukup. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved