Berita Kota Kupang

Dunia Jurnalistik Era Sekarang Sudah Bergantung pada Internet

Dunia Jurnalistik Era sekarang ini bergantung atau masih dipengaruhi oleh internet. Internet juga memicu munculnya banyak model media.

Dunia Jurnalistik Era Sekarang Sudah Bergantung pada Internet
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Ketua Dewan Pers ,Yosep Adi Prasetyo memaparkan materi tentang media dan dunia digital acara Literasi Digital sebagai upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di masyarakat di Hotel Swiss Belinn Kristal, Rabu (29/8/2018). 

Laporan POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dunia Jurnalistik Era sekarang ini bergantung atau masih dipengaruhi oleh internet. Internet juga memicu munculnya banyak model media.

Hal disampaikan Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo pada acara Literasi Digital sebagai upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di masyarakat.

Acara ini digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) belerjasama dengan ?Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FPKT) Provinsi NTT. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Swiss Belinn Kristal, Rabu (29/8/2018).

Baca: Bocah 5 Tahun Tenggelam di Kali Wae Mokel

Acara ini dengan Tema Saring sebelum sharing. Prasetyo tampil dengan materi tentang media dan dunia digital.

Menurut Prasetyo, kehadiran internet menyebabkan perkembangan dunia jurnalistik di Indonesia. Saat ini, lanjutnya, ada beberapa model media, yakni media konvensional, media baru, media sosial.

"Media konvensional seperti media cetak, radio televeisi, media baru yakni, online /siber dan streaming. Sedangkan media sosial seperti Facebook, twiter, WhatsApp, blog dan sebagainya," kata Prasetyo.

Dijelaskan, ketika dahulu, komunikasi sulit dilakukan, namun sekarang teknologi sangat maju dan dengan internet maka dapat memudahkan komunikasi.

"Sama halnya dengan dunia jurnalistik, penyebaran informasi melalui dunia jurnalistik. Tidak heran jika kemajuan teknologi Internet semakin menyokong penyebaran informasi secara pesat daj meluas," katanya.

Dikatakan ada beberapa pembedaan antara media, media sosial bukan merupakan bagian dari jurnalisme, sedangkan media konvensional adalah media yang adalah bagian dari jurnalistik.

Dalam pemaparan, Prasetyo menyampaikan soal demografi penggunaan Internet di Indonesia. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help