Berita Regional

Ditipu Penyalur, 11 TKI Kabur Jalan Kaki 3 Hari 3 Malam ke Entikong

Sebanyak 11 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Aceh melarikan diri dari tempat kerjanya di perkebunan sawit di daerah Miri, Sarawak, Malaysia.

Ditipu Penyalur, 11 TKI Kabur Jalan Kaki 3 Hari 3 Malam ke Entikong
KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN
Salah satu TKI, Julian (kiri) didampingi anggota DPD RI asal Aceh, Sudirman saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Perwakilan DPD RI di Pontianak, Kalimantan Barat (29/8/2018). 

POS-KUPANG.COM | PONTIANAK - Sebanyak 11 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Aceh melarikan diri dari tempat kerjanya di perkebunan sawit di daerah Miri, Sarawak, Malaysia.

Mereka sempat terlantar di Entikong, Kabupaten Sanggau, saat pelarian. Namun akhirnya bisa dipulangkan ke daerah asalnya, Selasa (29/8/2018).

Warga yang berasal dari daerah Langsa dan Meulaboh ini menjadi korban penipuan agen penyalur tenaga kerja tidak resmi.

Baca: Program Siwab di NTT Masih Terhambat Ketersediaan Tenaga Teknis

Mereka berangkat ke Miri, Malaysia dan bekerja di sebuah perusahaan perkebunan dengan perantara agen penyalur berinisial H sekitar sebulan lalu.

Belasan pria ini dijanjikan bekerja dengan gaji 4.000 ringgit per bulan. Namun setibanya di Malaysia, mereka hanya digaji 55 ringgit per hari dengan sejumlah potongan.

Merasa tidak sesuai janji, mereka lantas pulang ke Indonesia. Namun kepulangan mereka tidak difasilitasi pihak perusahaan maupun agen yang memberangkatkannya.

Salah satu TKI, Julian Nur mengatakan, mereka berjalan kaki selama tiga hari menuju Entikong melewati hutan untuk menghindari pemeriksaan otoritas negara tetangga karena paspornya ditahan di perusahaan.

"Dari perusahaan ke Entikong kita jalan kaki tiga hari, lewat hutan. Paspor kita ditahan bos perusahaan. Kita mau pulang ke Aceh," ujar Julia saat ditemui di Kantor Perwakilan DPD RI Kalimantan Barat, Rabu (29/8/2018).

Saat ini rombongan warga Aceh tersebut sudah dipulangkan kembali ke daerah asalnya, setelah sempat terkatung-katung di Entikong sejak Minggu (26/8/2018).

Mereka dipulangkan oleh Anggota DPD RI asal Aceh, Sudirman yang datang langsung menjemput mereka di Pontianak.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help