Berita Provinsi NTT

Ada 16 Gempa Susulan, Pascagempa Magnitudo 6,2 di Kupang

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat sebanyak 16 gempa bumi susulan terjadi di Kabupaten Kupang

Ada 16 Gempa Susulan, Pascagempa Magnitudo 6,2 di Kupang
KOMPAS.com/Shutterstock
Gempa bumi 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat sebanyak 16 gempa bumi susulan terjadi di Kabupaten Kupang, menyusul gempa tektonik dengan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah itu, Selasa (28/8/2018) sore pukul 15.08 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, Robert Owen Wahyu mengatakan, gempa bumi susulan yang dirasakan hanya dua kali saja.

"14 gempa bumi lainnya skalanya kecil, sehingga tidak dirasakan," ucap Robert, Selasa.

Baca: Tim Kampanye Nasional Optimistis Emak-emak Masih Pilih Jokowi

Robert menjelaskan, dua gempa bumi susulan yang dirasakan yakni terjadi pada pukul 15.13 Wita, dengan magnitudo 5,8 dan pukul 18.55 Wita, dengan magnitudo 5.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Laut Timor ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 19.24 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 16 kali. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help