Berita Kabupaten Kupang

Yayasan Sayangi Tunas Cilik Luncurkan Program School For Change untuk Kabupaten Kupang

Yayasan Sayangi Tunas Cilik (Save the Children) dengan dukungan dari IKEA Foundation Sweden meluncurkan program School For Change

Yayasan Sayangi Tunas Cilik Luncurkan Program School For Change untuk Kabupaten Kupang
POS KUPANG/RYAN NONG
Senior Manager Eastrn Indonesia Yayasan Tunas Cilik Indonesia Tasman Muda menyampaikan sambutan dalam acara peluncuran Program School For Change di Hotel Neo Aston Kupang, Selasa (28/8/2018).

 Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

 POS-KUPANG.COM | KUPANG -– Yayasan Sayangi Tunas Cilik (Save the Children) dengan dukungan dari IKEA Foundation Sweden meluncurkan program School For Change untuk wilayah Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Peluncuran program ini dilaksanakan di Hotel Neo Aston Jalan Piet Talo Kupang pada Selasa (28/8/2018) pagi.

Hadir dalam peluncuran, Pimpinan Komisi C DPRD NTT, Kadis Pendidikan Propinci NTT, Pejabat Pemerintah Kabupaten Kupang dan stakeholder di tingkatan Kabupaten Kupang yang terdiri dari Kepala dan perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Kupang, Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang, Kepolisian Resort Kupang, Bappeda Kabupaten Kupang, para pengawas serta guru di 7 Kecamatan yang akan menjadi lokasi pelaksanaan program.

Technical Program Manager School For Change, Benny Giri dalam laporannya menyampaikan bahwa Program School for Change ini akan diproyeksikan untuk dilaksakan di wilayah tujuh kecamatan di Kabupaten Kupang dalam durasi waktu tiga tahun. Pelaksanaan program akan dimulai pada Agustus 2018 hingga tahun 2021.

Program School for Change ini menyasar penerima manfaat yang terdiri dari 56  Sekolah Dasar, 5.141 anak perempuan, 4.939 anak laki-laki, 5.794 orang wanita dan 4.898 laki-laki di tujuh kecamatan di Kabupaten Kupang. Tujuh kecamatan di Kabupaten Kupang yang diitervensi program School For Change itu terdiri dari Kecamatan Kupang Tengah, Kupang Barat, Kupang Timur, Fatuleu, Nekamese, Amarasi dan Amabi Oefeto.  

Dalam sambutannya, Senior Manager Eastrn Indonesia Yayasan Tunas Cilik Indonesia Tasman Muda menyampaikan program School for Children ini mengkombinasikan pendekatan percepatan literasi  (Literacy Boost) dan perlindungan anak untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman untuk anak belajar.

Mewakili Bupati Kabupaten Kupang, Staf ahli Kabupaten Kupang Martinus Taus Bele melaunching Program School For Change disaksikan Pimpinan dan staf  Yayasan Sayangi Tunas Cilik serta peserta yang yang terdiri dari Komisi C DPRD NTT, Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang, Dinas Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabuaten Kupang, Bappeda Kabupaten Kupang, Polres Kupang, Universitas Nusa Cendana, perwakilan LSM Lokal, media, tokoh agama, selular provider, serta forum/ network perlindungan anak.

Sebelumnya, dalam sambutan, Marthinus menyampaikan dukungan Pemerintah Kabupaten kepada Program kerjasama ini agar dapat membawa dampak positif bagi perkembangan anak serta pendidikan di wilayah Kabupaten Kupang. Ia juga berharap agar para guru dan pengawas dapat mendukung program-program dari yayasan yang peduli kepada anak-anak dan pendidikan ini.

Ia menyatakan, kerjasama antara sekolah (kepala sekolah) dan desa sangat penting dewasa ini, sehingga ia mendorong kepala sekolah agar dapat  mebuka kerjasama dengan pihak pemerintah desa sehingga dapat mengakses dana yang ada di desa untuk kepentingan anak-anak.

“Kepala sekolah dapat bekerjasama dengan desa, itu penting supaya dapat membentuk makin banyak lagi kelompok peduli anak di desa. Karena saat ini banyak uang didesa (yang bisa diakses) untuk kepentingan itu,” ungkapnya. (*) 

 

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved