Berita Internasional

Kesalahan Sistem, Karyawan Ini Dapat Gaji Rp 5,2 Miliar

Seorang karyawan di Australia mendapatkan gaji 100 kali lebih banyak dari seharusnya setelah bank salah menaruh tanda koma di angka gajinya.

Kesalahan Sistem, Karyawan Ini Dapat Gaji Rp 5,2 Miliar
KOMPAS.com/Reserve Bank of Australia
Uang kertas pecahan 5 dolar Australia. 

POS-KUPANG.COM | SYDNEY - Seorang karyawan di Australia mendapatkan gaji 100 kali lebih banyak dari seharusnya setelah bank salah menaruh tanda koma di angka gajinya.

Pekerja itu seharusnya mendapatkan gaji sebesar 4.921,76 dolar Australia atau sekitar Rp 52,8 juta. Tetapi pria ini malah mendapati angka 492.176 dolar Australia atau sekitar Rp 5,2 miliar di rekening banknya.

Uang sebanyak itu tentu amat menggiurkan tetapi pria yang bekerja di kawasan terpencil Northern Territory ini memilih untuk mengembalikan uang tersebut.

Baca: Rabu Besok Ada Kapal Feri Aimere-Kupang, Siapa Mau Berangkat?

Setelah dilaporkan ke bagian audit, pekerja itu mendapatkan gaji sesungguhnya empat pekan kemudian.

Jika pria itu tidak bekerja di daerah terpencil dan harus berjalan jauh menuju ke bank maka proses pembayaran ulang gajinya bisa lebih cepat.

Pihat pengaudit menyebut terdapat dua masalah yaitu kesalahan memasukkan data dan kemudian kegagalan sistem yang peringatan jika terjadi kesalahan.

Gaji yang diterima pria itu adalah satu dari 743 kasus serupa yang dibuat pemerintah negara bagian Northern Territory antara Juli 2017 hingga Januari 2018.

Dari semua kasus itu uang sebanyak 767.000 dolar Australia atau sekutar Rp 8,2 miliar belum dikembalikan hingga akhir Januari lalu. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help