Berita Manggarai

Kadis Sosial Manggarai Bebeberkan Jumlah Penerima KIS. Ini Angkanya

Sesuai data warga Manggarai memegang KIS 208.124 jiwa dari total penduduk di Manggarai 3.000 jiwa. Pemegang KIS ini ditanggung pemerintah

Kadis Sosial Manggarai Bebeberkan Jumlah Penerima KIS. Ini Angkanya
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Kadis Sosial Manggarai, Rafael Ogur

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Kadis Sosial Manggarai, Rafael Ogur membeberkan jumlah warga kurang mampu di Manggarai yang mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Pemerintah Pusat.

“Sesuai data warga Manggarai yang memegang KIS sebanyak 208.124 jiwa dari total penduduk di Manggarai 3.000 jiwa. Pemegang KIS ini ditanggung oleh pemerintah pusat melalui dana APBN,” ujar Kadis Rafael yang ditemui POS-KUPANG.COM di Ruteng, Selasa (28/8/2018) siang.

Ia menjelaskan, dari jumlah itu ada 6.418 jiwa yang mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten melalui APBD II karena belum memilikki KIS.

Untuk itu, Bupati Kamelus, ujarnya, telah mengambil langkah meminta Dinas Sosial Manggarai guna mendata semua warga kurang mampu yang belum mendapatkan KIS agar diusulkan ke pusat.

“Kami sudah kerjasama dengan kelurahan dan desa agar mengirim warga yang belum memilikki KIS. Langkah yang akan diambil Bupati Manggarai yang akan meminta penambahan KIS bagi warga Manggarai. Di mana Bupati Manggarai akan mengusulkan lagi warga yang menerima KIS. Kami sudah data dan ada 94 ribu warga yang belum memiliki.

Namun untuk tahap pertama aka nada 75 ribu yang diusulkan Bupati Manggarai kepada Kementerial Sosial (Kemensos) RI guna mendapat KIS. Bupati Mangarai akan usul agar tahun 2019 warga yang kurang mampu mendapatkan KIS. Prosesnya warga tinggal melapor kepada lurah dan kades lalu ada keterangan yang menjelaskan kondisi ekonomi warga. Maka itu, kami di dinas lagi menyiapkan semua data,” ujar Kadis Rafael.

Kadis Rafael menjelaskan, usulan pemerintah ke Kemensos RI sesuai ketentuan. Di mana warga yang kurang mampu harusnya mendapatkan KIS.

“Biar ada pemerataan dan rasa adil maka pemerintah akan usul kepada Kemensos RI,” papar Kadis Rafael.

Pendataan warga di desa dan kelurahan,ungkapnya, Dinas Sosial Manggarai menggerahkan semua petugas PKH yang bertugas di Manggarai.(*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help