Berita Nasional

BNPB Percepat Pelatihan Warga untuk Bangun Kembali Rumah Pascagempa

BNPB sedang mempercepat pelatihan bagi warga terkait rehabilitasi rumah pascagempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

BNPB Percepat Pelatihan Warga untuk Bangun Kembali Rumah Pascagempa
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Sejumlah bangunan rumah rusak akibat gempa di Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Rabu (8/8/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sedang mempercepat pelatihan bagi warga terkait rehabilitasi rumah pascagempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Harmensyah menjelaskan hal itu dilakukan karena jika masyarakat tidak siap, proses rehabilitasi rumah tidak akan berjalan lancar.

"Karena sistem pemberdayaan masyarakat dan pemerintah mendampingi (sehingga) sangat tergantung kesiapan masyarakat, tapi kita percepat pelatihan," ujar Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Harmensyah di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Senin (27/9/2018).

Baca: KPK Tahan 3 Anggota DPRD Sumut Terkait Kasus Suap

"Kita latih yang belum terbiasa. Ini gencar kita lakukan di bawah koordinasi Kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," sambungnya.

Pembangunan kembali pemukiman tersebut memang dilakukan sendiri oleh para warga dengan santunan biaya dari pemerintah.

Harmensyah mengatakan satu rumah akan selesai dalam 20 hari jika dikerjakan oleh lima orang. Para warga tinggal mengikuti standar rumah tahan gempa yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Nantinya, mereka juga akan dibantu oleh tim fasilitator yang akan memastikan rumah tersebut sudah memenuhi standar rumah tahan gempa.

"Hingga, Desember harapannya sudah selesailah. Kalau mereka enggak ada tempat layak tinggal, SDM-nya terganggu," terangnya. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help