Berita Kota Kupang

KPU NTT Serahkan Dokumen Balon DPD ke KPU RI

KPU NTT akan menyerahkan semua dokumen dari bakal calon (balon) DPD RI ke KPU RI pada 29 Agustus 2018

KPU NTT Serahkan Dokumen Balon DPD ke KPU RI
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- KPU NTT akan menyerahkan semua dokumen dari bakal calon (balon) DPD RI ke KPU RI pada 29 Agustus 2018. Saat ini KPU sudah menyerahkan berita acara verifikasi kepada semua balon.‎‎

Hal ini disampaikan Ketua Divisi Teknis KPU NTT, Thomas Dohu kepada POS-KUPANG.COM di KPU setempat‎, Senin (27/8/2018).

Menurut Thomas, penetapan DCS, penentuan nomor urut sampai penetapan dan pengumuman DCT DPD RI merupakan kewenangan KPU RI.

"Kami di KPU NTT hanya menerima pendaftaan, melakukan verifikasi syarat dukungan kepada balon dan juga verifikasi faktual. Karena itu, pada 29 Agustus mendatang, kami akan serahkan berkas semuanya ke KPU RI," kata Thomas.

Ditanyai berapa banyak balon DPD RI yang saat ini masih mengikuti tahapan di KPU NTT, ia mengatakan, ada 36 orang balon yang dilakukan verifikasi oleh KPU.

‎Lebih lanjut, dikatakan, penyusunan DCT oleh KPU RI pada ‎ 14 -20 September 2018 , sedangkan penetapan DCT pada 20 September 2018.

"Saat ini kami tengah menyerahkan dokumen berita acara verifikasi kepada masing-masing balon. Jadi ada 37 balon DPD RI‎, namun ada satu yang tidak memenuhi syarat sehingga tersisia 36 orang," katanya.

Ditanyai soal penetapan DCS, ia mengatakan, untuk balon DPD RI, penetapan DCS, penentuan nomor urut sampai penetapan dan pengumuman DCT DPD RI merupakan kewenangan KPU RI.

"Kami di KPU NTT hanya menerima pendaftaan, melakukan verifikasi syarat dukungan kepada balon dan juga verifikasi faktual.Semua proses itu telah selesai dilakukan oleh kami," katanya.

Dijelaskan, verifikasi faktual sudah dilakukan KPU di kabupaten dan kota sehingga berita acara verifikasi faktual sedang disampaikan KPU NTT‎ kepada balon DPD RI ‎. Karena itu, lanjutnya setelah verifikasi faktual, maka semua dokumen, baik syarat dukungan balon DPD RI‎ dan syarat pemilih akan disampaikan ke KPU RI di Jakarta guna dilakukan penetapan DCS dan nomor urut.

"KPU RI yang akan menetapkan DCS dan juga nomor urut dari balon DPD RI," ujarnya.

‎Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe mengatakan, jadwal penyerahan dokumen balon DPD RI akan dilakukan pada 29-31 Agustus 2019.

"Jadi pada tanggal 29-31 Agustus itu adalah jadwal penyerahan dokumen balon DPD RI ke KPI RI," kata Maryanti.
‎Lebih lanjut, Maryanti mengakui, penyusunan DCT oleh KPU RI pada ‎ 14 -20 September 2018 mendatang , sedangkan penetapan DCT pada 20 September 2018.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help